facebook

Meta Sebut Reels Bikin Pengguna Makin Betah Main Instagram dan Facebook

RR Ukirsari Manggalani | Dicky Prastya
Meta Sebut Reels Bikin Pengguna Makin Betah Main Instagram dan Facebook
Metaverse atau Facebook [ANTARA].

Teknologi kecerdasan buatan (AI) milik Meta juga mampu mendorong lebih banyak rekomendasi konten.

Suara.com - Meta mengumumkan bahwa platform video pendek buatannya, Reels, membuat pengguna menghabiskan waktu hingga 20 persen lebih banyak di Instagram. Reels bahkan membuat pengguna menggunakan Facebook 50 persen lebih lama.

Meski demikian, Meta tidak merinci seberapa banyak waktu yang dihabiskan pengguna selama menonton Reels, sebagaimana dilaporkan Techcrunch, Minggu (1/5/2022).

CEO Meta, Mark Zuckerberg, dalam laporan pendapatan Q1 perusahaan mengaku bahwa Reels masih belum maksimal dalam memberikan keuntungan jika dibanding Stories. Tapi dia optimis kalau Reels bisa tetap sukses di masa depan.

Postingan Mark Zuckerberg soal Facebook Reels. [Facebook]
Postingan Mark Zuckerberg soal Facebook Reels. [Facebook]

Zuckerberg mengungkap kalau hal ini juga awalnya terjadi di Stories, yang mana itu belum terlalu menguntungkan perusahaan ketimbang fitur Feed. Namun terbukti kalau Stories kini jadi penyokong utama keuntungan perusahaan.

Baca Juga: BSSN dan Kominfo Diharapkan Tingkatkan Kemandirian Teknologi Informasi Indonesia

Ia juga mengharapkan kalau Reels bisa untung dalam beberapa tahun ke depan. Terlebih saat ini mereka masih dalam tahap awal untuk menampilkan iklan di Reels.

Zuckerberg bercerita, sejak memulai Facebook 18 tahun lalu, perusahaan telah melihat banyak perubahan dalam jenis media yang digunakan pengguna. Ia mengaku kalau format video pendek saat ini telah berkembang cepat.

Selain itu, teknologi kecerdasan buatan (AI) milik Meta juga mampu mendorong lebih banyak rekomendasi konten.

"AI yang kami buat bukan hanya untuk sistem rekomendasi di video berdurasi pendek, tetapi juga mesin penemuan yang dapat menunjukkan kepada anda semua konten paling menarik yang telah dibagikan orang-orang di seluruh sistem kami,” tutur Zuckerberg.

Hal ini juga terjadi pada TikTok, di mana peran AI sangat penting dan menjadikannya sebagai platform video pendek terbesar di dunia saat ini.

Baca Juga: Meta Umumkan Toko Fisik Pertama, Jualan Sekaligus Pamer Teknologi Metaverse

Oleh karenanya masuk akal jika Meta fokus pada sistem rekomendasinya sendiri agar pengguna lebih banyak menggunakan Reels, dan pada akhirnya mampu bersaing dengan TikTok.

Komentar