facebook

Startup Energi Terbarukan Siap Unjuk Gigi di [RE]Spark Renewable Energy Festival 2022

Liberty Jemadu
Startup Energi Terbarukan Siap Unjuk Gigi di [RE]Spark Renewable Energy Festival 2022
Ilustrasi energi terbarukan. (Pixabay)

[RE]Spark Renewable Energy Festival diselenggarakan untuk mendukung dan mempercepat adopsi energi terbarukan dan inovasi ramah lingkungan.

Suara.com - New Energy Nexus (NEX), organisasi internasional yang mendukung startup energi bersih, akan menggelar [RE]Spark Renewable Energy Festival 2022 yang menjadi wadah unjuk gigi para inovator dan startup energi terbarukan.

Digelar di Jakarta selama 2- 3 Juni 2022, [RE]Spark Renewable Energy Festival diselenggarakan untuk mendukung dan mempercepat adopsi energi terbarukan dan inovasi ramah lingkungan, melalui rangkaian kegiatan Hackathon, Workshop, Exhibition, dan Investment Speed Dating.

“Melalui [RE]Spark 2022, NEX Indonesia berkomitmen mendukung program pemerintah untuk menjadikan sektor energi tidak hanya membawa kemajuan dalam hal ekonomi dan investasi, tetapi juga bagi pembangunan berkelanjutan dan lingkungan hidup,” ujar Direktur Program New Energy Nexus Indonesia, Diyanto Imam dalam siaran pers, Rabu (25/5/2022).

[RE]Spark Renewable Energy Festival 2022 dimulai dengan roadshow Hackathon yang diselenggarakan secara daring, dengan rangkaian mentoring dan bootcamp yang diikuti 47 tim sejak Januari hingga Mei 2022 secara bertahap.

Baca Juga: Bisnis Startup LinkAja PHK Banyak Karyawan, Penyebabnya Karena Hal Ini

Hackathon merupakan ajang kompetisi yang dilakukan setiap tahun oleh NEX Indonesia dengan tujuan untuk membangun startup di bidang energi terbarukan dan memfasilitasi peserta menemukan solusi dari permasalahan yang menjadi tantangan penurunan emisi karbon dan transisi energi.

Dalam menjaring inovasi dan ide terbaik, NEX Indonesia menyaring 10 tim yang akan mempresentasikan solusinya pada Demo Day dan berkesempatan untuk memenangkan total hadiah 100 juta rupiah.

“Harapan kami tidak hanya dapat mengatasi permasalahan terkait energi, tetapi juga mendukung terciptanya lapangan pekerjaan yang berkualitas serta peluang ekonomi bagi jutaan penduduk Indonesia,” tambah Diyanto.

Salah satu dari 23 startup energi yang mendemonstrasikan produknya di [RE]Spark 2022 adalah PT Swap Energi Indonesia (SWAP), pelopor startup e-mobility di Indonesia yang berfokus pada sistem infrastruktur Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) berbasis teknologi yang mencakup baterai tukar, stasiun penukaran baterai, dan sepeda motor listrik SMOOT.

Saat ini SWAP telah bermitra dengan perusahaan besar seperti Lazada Logistics, Pos Indonesia, Alfamart dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Makin Banyak Startup Lakukan PHK Massal Karyawan, Apa Penyebabnya?

Hingga akhir tahun 2021, New Energy Nexus telah menjalankan 18 kelompok program inkubasi, akselerasi, dan telah membimbing lebih dari 65 startup energi terbarukan di Indonesia dalam mempertajam strategi bisnis dan inovasi mereka.

Program Inkubasi dan Akselerasi Smart Energy Program yang dilakukan NEX berfokus pada sektor Renewable Energy, Smart Grid, Energy Efficiency, Energy Management, Customer Experience, E-Mobility, Business Model Innovation, IOT & Digitization, Energy Access, dan Energy Storage.

Komentar