facebook

Xiaomi Indonesia Gandeng Octopus untuk Daur Ulang Sampah Elektronik

Liberty Jemadu
Xiaomi Indonesia Gandeng Octopus untuk Daur Ulang Sampah Elektronik
Xiaomi dan Octopus berkolaborasi untuk mengelola daur ulang sampah elektronik. Foto: Kotak penampung (drop box) sampah elektronik (e-waste) tersedia di halte Transjakarta Kampung Melayu, Jakarta, Senin (14/5)

Masyarakat bisa menyetorkan sampah elektronik mereka ke toko Xiaomi di Jakarta. Akan didaur ulang oleh Octopus.

Suara.com - Xiaomi, pada Kamis (29/6/2022) mengumumkan kerja sama dengan Octopus untuk mengelola sampah elektronik di Indonesia. Ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan untuk memberikan dampak lebih luas dalam ekonomi sirkular dan inovasi rantai pasok di Tanah Air.

“Kami sadar tentang kewajiban untuk lebih ramah lingkungan. Oleh karena itu, inisiatif ini menjadi sebuah gerakan kesadaran bersama Xiaomi Fans dan konsumen kami untuk menghadirkan manfaat bagi lebih banyak orang melalui inovasi dan kolaborasi,” kata Country Director Xiaomi Indonesia, Wentao Zhao dalam siaran persnya.

Octopus merupakan platform ekonomi sirkular yang berperan sebagai pengelola sampah elektronik sekaligus membina dan memberdayakan komunitas pelestari.

Inisiasi tersebut ditandai dengan donasi sampah elektronik secara simbolis oleh Xiaomi Fans dan karyawan Xiaomi Indonesia yang berpartisipasi dalam Octopus Takes Over Jakarta yang digelar di Hutan Kota GBK pada Minggu (26/6/2022).

Baca Juga: Xiaomi 12S Meluncur pada 4 Juli, Diduga Bawa Kamera Leica

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah sebagai kampanye dalam memperingati HUT Jakarta ke-495 yang digagas oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta dalam rangka menyambut Jakarta Hajatan 2022.

Langkah simbolis tersebut menjadi permulaan dari kerja sama Xiaomi Indonesia dengan Octopus untuk pengelolaan dan daur ulang sampah elektronik melalui drop-off point yang nantinya akan tersedia di Xiaomi Store terpilih di Jakarta.

Sementara itu CEO Octopus, Moehammad Ichsan, menyambut baik kemitraan dengan Xiaomi Indonesia.

“Kami sangat mengapresiasi keterlibatan brand teknologi seperti Xiaomi untuk bergabung dalam konsep ekonomi sirkular dalam mengurangi dampak bisnis terhadap lingkungan. Keterlibatan berbagai pihak tentunya menjadi kunci bagi kami untuk mempromosikan ekonomi sirkular yang bertujuan menciptakan lingkungan lestari dan berkelanjutan," kata dia.

Rencananya mulai bulan Juli mendatang masyarakat umum dapat berpartisipasi mendaur ulang sampah elektronik berukuran kecil dengan mendatangi Xiaomi Store terpilih di Jakarta dan mengunduh aplikasi Octopus.

Baca Juga: Teaser Resmi Beredar, Xiaomi 12S Usung Kamera Leica

Setelah melakukan drop-off sampah elektronik, nantinya konsumen akan mendapatkan poin di aplikasi yang dapat digunakan untuk menikmati berbagai promo menarik.

Komentar