Ini Sosok Pelaku yang Tusuk Wiranto di Banten

Yulita Futty

Menteri Politik Hukum dan Keamanan Wiranto dikabarkan ditusuk orang tidak di kenal.

Suara.com - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto ditusuk oleh orang tak dikenal, Kamis (10/10/2019). Kejadian tersebut terjadi di kawasan Pandeglang, Banten.

Kabid Humas Polda Banten, Kombes Edi Sumardi menyebut kejadian tersebut terjadi sekitar 11.30 WIB. Diduga awalnya, pelaku beraksi seorang diri. Namun begitu, sebelum kejadian, orang tak dikenal itu kedapatan bersama sang istri.

"Pelaku melakukan sendiri, tapi pada saat sebelum kejadian dia bersama istrinya berdua," ujar Edi saat dikonfirmasi.

Belakangan, pelaku bersama istri telah ditangkap oleh polisi. Keduanya kemudian diperiksa secara intensif oleh pihak kepolisian, termasuk oleh tim dari Densus 88.

"Betul (keduanya diamankan). Untuk peran istri, belum tahu, masih dalam penyelidikan," kata Edi.

Pelaku penusuk Wiranto. (IST)
Pelaku penusuk Wiranto. (IST)

Dalam keterangan lebih lanjut kemudian, polisi menambahkan beberapa informasi mengenai sosok pelaku. Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyebut, tersangka laki-laki bernama Syahril Alamsyah (SA) terpapar paham ISIS. Sementara polisi masih menelisik istri Syahril, Fitri Andariana.

Tersangka yang dikenal juga dengan nama alias Abu Rara, selanjutnya disebut termasuk dalam jaringan teroris yang dipimpin amir bernama Abu Zee. Abu Zee sendiri dicokok tim Densus 88 Antiteror pada Senin 23 September 2019 lalu dalam penangkapan bersama 8 terduga teroris lainnya di Jakarta Utara dan Bekasi.

"Ya betul. Sudah bisa dipastikan pelaku termasuk dalam kelompok JAD Bekasi dengan Amirnya Abu Zee yang sudah ditangkap tanggal 23 September yang lalu bersama 8 pelaku lainnya," ujar Dedi, Kamis (10/10).

Wiranto ditusuk
Wiranto ditusuk orang tak dikenal di Pandeglang. [IST]

Diketahui, Wiranto ditusuk saat hendak pulang ke Jakarta usai menghadiri acara peresmian Gedung Kuliah Bersama di Universitas Mathla'ul Anwar yang beralamat di Kampung Cikaliung, Desa Sindanghayu, Kecamatan Saketi.

Wiranto yang baru keluar dari mobil tiba-tiba ditusuk orang tidak dikenal dari arah samping kiri mobil. Seusai kejadian itu, Wiranto langsung dilarikan ke RSUD Berkah Pandeglang untuk mendapatkan pertolongan medis, sebelum akhirnya dibawa ke RSPAD di Jakarta untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Terkait sosok pelaku penusukan Wiranto tersebut yang langsung diringkus aparat pasca-kejadian, bisa disimak selengkapnya dalam video berikut ini.

Video Editor: Fatikha Rizky Asteria N

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS