Jika Belajar, Anak Autis Bisa Lebih Pintar dari Anak Biasa? Ini Kata Pakar

Yulita Futty | Dini Afrianti Efendi

Anak dengan autismeme memang diakui punya kekurangan dalam hal berkomunikasi, tapi sukses di bagian seni dan desain.

Suara.com - Anak dengan autismeme memang diakui punya kekurangan dalam hal berkomunikasi. Tapi tidak sedikit anak autisme yang sukses saat dewasa, khususnya di bidang seni dan desain.

Pakar pendidikan luar biasa Nuryanti Yanti membenarkan jika anak autisme memang hanya bisa menekuni satu bidang saja, dan jika sudah diperdalam maka kemampuan mereka bisa setara anak-anak pada umumnya.

"Mereka ini nggak (bisa kuasai banyak bidang) karena 20 persen menurut penelitian mereka (anak dengan autisme) punya high function, kayak bisa kuliah, beberapa anak kita yang diterapi meraka kuliah," ujar Nurayanti di Gandaria City, Jakarta Selatan, Rabu (20/11/2019)

Saat anak dengan autisme ini kuliah, adapun jurusan yang diambil rata-rata lebih ke seni, sains, hingga segala sesuatu yang berbau fokus dan ketelitian. Ini terjadi karena anak dengan autismetik punya kemampuan fotografik memori atau ingatan yang sangat bagus.

"Biasanya yang kuliah jurusan yang diambil semua arahnya ke visual desain grafis, sains, desain baju, coding komputer, karena apa? mereka fotografik memorinya bagus banget," jelasnya.

Video Editor: Yulita Futty Hapsari

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS