Perempuan ODHA Bisa Miliki Pasangan dan 3 Anak, Begini Penjelasan Pakar

Ikbal Maulana | Silfa Humairah Utami

Ibu ODHA yang sudah mengikuti program juga bisa menyusui jika dapat memastikan jika putingnya tidak luka dan berdarah saat menyusui anaknya

Suara.com - Dalam rangka hari AIDS di seluruh dunia, Putri Cherry orang dengan HIV dan AIDS (ODHA) mengungkapkan stigma negatif dari masyarakat terhadap ODHA harus berubah.

Kepada publik di acara Media Talk Kemen PPPA peringati Hari AIDS sedunia, Jumat (30/11/2019) kemarin, Putri mengatakan masalah pada saat ODHA open status adalah diskriminasi dan hal itu sangat memperihatinkan hingga membuat penyintasnya tertekan. Tidak sedikit yang depresi hingga membenci diri sendiri dan meninggal karena hal tersebut membuatnya tidak semangat hidup dan tidak berjuang melawan penyakitnya.

Kini, Putri telah bahagia karena sudah memiliki pasangan lagi serta memiliki tiga anak yang semuanya negatif HIV dan AIDS.

Sementara itu, dokter Hendra Widjaja, Pakar Kesehatan, menuturkan proseduran untuk melakukan hubungan suami istri tanpa pengaman atau kondom memang benar sudah bisa dilakukan oleh pasien ODHA. Tapi, ia harus memastikan dirinya sudah meminum obat ARV dan melakukan pemeriksaan sebelum melakukan hubungan badan. Simak selengkapnya dalam video ini

Video Editor: Dewi Yuliantini

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS