LIVE STREAMING: Dari Situs ke Subtansi Peran Agama, Kawal Indonesia Baru

Yulita Futty

Agama justru menjadi solusi bagi upaya membantu sesama di tengah pandemi.

Suara.com - Web binar Kongres Kebudayaan Desa Seri ke sembilan menghadirkan tema: Dari Situs ke Subtansi Peran Agama, Kawal Tatanan Nilai Indonesia Baru.

Beberapa kasus kerumunan di rumah ibadah ikut berperan meluaskan COVID-19. Melihat potensi resiko tersebut, berbagai negara mengeluarkan kebijakan menutup sementara rumah ibadah. Sedang di sisi lain, agama justru menjadi solusi bagi upaya membantu sesama di tengah pandemi. Banyak pemuka agama yang menghimbau masyarakat untuk lebih menjaga kesehatan. Tidak jarang pula kita melihat inisiatif warga untuk menggalang dana atas nama kepedulian sesama umat.

Fenomena tersebut, menjadi pemantik untuk berpikir ulang tentang penyesuaian pembatasan peribadatan di rumah ibadah. Seperti bagaimana menjalankan ibadah, tapi tetap aman secara kesehatan. Sehingga tidak melanggar hak berkeyakinan. Lalu bagaimana peran pemuka agama dalam pendidikan umat, hingga bagaimana arah kebijakan pengembangan kehidupan beragama di desa. Semua itu mengerucut pada bahasan tentang peran agama dalam mengawal tatanan nilai Indonesia baru saat dan pasca COVID-19. Selengkapnya dalam video ini.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS