Alexa

Hati-hati, Tiga Emosi Ini Berbahaya bagi Jantung

Ririn Indriani | Firsta Nodia
Ilustrasi pekerja marah-marah. (Shutterstock)
Ilustrasi pekerja marah-marah. (Shutterstock)

Emosi negatif yang dialami sehari-hari ternyata dapat berdampak bagi kesehatan jantung.

Suara.com - Setiap hari, ada saja hal-hal yang membuat kita senang, sedih atau kecewa. Emosi negatif yang kita alami sehari-hari ini ternyata dapat berdampak pada kesehatan jantung.

Mengontrol emosi buruk harus dilakukan, untuk menghindari risiko penyakit jantung. Berikut adalah tiga emosi yang harus Anda hindari untuk mencegah timbulnya penyakit jantung, seperti dilansir laman Zeenews.

1. Marah
Penelitian terkini menunjukkan bahwa kemarahan dapat memicu serangan jantung. Ketika seseorang marah, maka tekanan darah akan meningkat dan memicu terjadinya pembekuan darah penyebab stroke. Belajar mengendalikan amarah dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Depresi
Sejumlah penelitian telah mengungkap hubungan antara penyakit jantung dan berbagai kondisi gangguan kesehatan mental seperti depresi, kecemasan dan stres. Studi menunjukkan bahwa orang yang didera stres berkepanjangan hingga berujung depresi, lebih tinggi kemungkinannya mengindap penyakit jantung.

3. Kelelahan fisik
Kelelahan yang umumnya dialami pekerja sistem shift dapat membahayakan kesehatan jantungnya. Peneliti menemukan bahwa orang yang berganti shift kerja setiap bulannya mengalami peningkatan risiko penyakit jantung. Jadi jika Anda mengalami tiga emosi ini sehari-hari, waspadai risiko penyakit jantung di kemudian hari.

Topik Pilihan