Om Bob, Dari Jual Telur Ayam Sampai Jadi Miliuner

Laban Laisila
Om Bob, Dari Jual Telur Ayam Sampai Jadi Miliuner
Bob Sadino. [Antara]

Selamat Jalan Om Bob

Suara.com - Pengusaha nyentrik yang kerap mengenakan celana pendek Bambang Mustari Sadino, atau yang dikenal dengan Bob Sadino meninggal dunia sore ini, Senin (19/1/2015), karena gangguan saluran pernapasan setelah dirawat seminggu di RS Pondok Indah Jakarta.

Om Bob, panggilan akbrabnya, menyisakan banyak cerita kesuksesan yang diraihnya dari usaha kecil, yakni menjual telur ayam negeri sampai menjadi milyuner Indonesia.

Pengusaha yang pernah menulis buku ‘Monyet Aja Bisa Cari Duit’ ini banyak mendorong orang dari kisahnya.

Lelaki gaek kelahiran kelahiran Lampung, 9 Maret 1939 tersebut, pernah berkisah pernah melakoni banyak profesi dan sempat jatuh terpuruk sebelum sukses menjadi pengusaha beken.

Sepulang berkelanan di Eropa pada 1960-an, Om Bob bersama keluarga pulang ke Indonesia dan menyewakan mobil warisan miliknya.

Dia menjadi supir sambil menyewakan mobilnya hingga rusak dan beralih menjadi kuli bangunan.

Suatu saat dia disarankan oleh seorang kawan untuk memelihara ayam dan menjual telur ayam negeri. Dari situlah usahanya mulai berkembag.

Dia menjual ayam dan telur hasil ternaknya ke para ‘bule’ atau ekspatriat yang tinggal di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

Om Bob tak malu menjual telur dari pintu ke pintu dan kebetulan saat itu, di Indonesia usaha ternak ayam dan telur ayam negeri belum banyak dikenal.

Dari situlah usahanya terus membesar hingga mendirikan jaringan usaha Kemfood dan Kemchick yang bergerak di bidang pangan.

Catatan awal tahun 1985 menyebutkan, rata-rata per bulan perusahaan Bob menjual 40-50 ton daging segar, 60-70 ton daging olahan, dan sayuran segar 100 ton

Dia belajar dari kegagalan dan terus berusaha plus menginspirasi banyak orang sampai akhirnya ajal menjemput.

Selamat jalan Om Bob. (berbagai sumber)

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS