Menko Darmin: Target Inflasi 2018 Sebesar 3,5 persen

Adhitya Himawan | Dian Kusumo Hapsari
Menko Darmin: Target Inflasi 2018 Sebesar 3,5 persen
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution di Jakarta. [Dok Kemenko Perekonomian]

Menurut Darmin, arah inflasi nasional memang harus menurun setiap tahunnya.

Suara.com - Pemerintah bersama dengan Bank Indonesia hari ini mengadakan pertemuan Tim Pengendali Inflasi Daerah di kantor Bank Indonesia, Senin (22/1/2018).

Hasil dari pertemuan yang dilakukan secara tertutup ini, pada 2018 target inflasi berada di level 3,5 persen plus minus 1 persen. Angka ini mengalami penurunan dari target sebelumnya yakni sebesar 4 persen plus minus 1 persen.

“Target itu selalu antara plus minus 1 persen ya. Kalau tadinya sampai tahun lalu inflasi kita itu secara nasional kita target 4 persen plus minus 1 persen, mulai tahun ini dia menjadi 3,5 persen plus minus 1 persen,” kata Darmin di gedung Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Senin (22/1/2018).

 

Menurut Darmin, arah inflasi nasional memang harus menurun setiap tahunnya. Hal ini bertujuan untuk menekan inflasi supaya Indonesia bisa bersaing dengan negara lain.

"Jadi kita melihat Indonesia sebetulnya secara umum arah inflasinya menurun dari tahun ke tahun. Dan kita ingin supaya inflasi kita juga tidak jauh dari negara-negara lain, negara-negara partner dagang," katanya.

Untuk mewujudkan target tersebut, lanjut Darmin, pada Juli nanti pemerintah pusat akan mengundang Tim Pengendali Inflasi Daerah untuk berunding secara nasional.

“Nah dalam pertemuan ini nanti baru dibahas detail ya akan seperti apa,” ujar Darmin.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS