Jembatan Babat Ambruk, Kementerian PUPR Kirim Tim Ahli

Iwan Supriyatna | Dian Kusumo Hapsari
Jembatan Babat Ambruk, Kementerian PUPR Kirim Tim Ahli
Petugas mengevakuasi truk di lokasi jembatan Widang yang runtuh, Tuban, Jawa Timur, Selasa (17/4).

Diduga ambruknya jembatan tersebut lantaran kelebihan beban.

Suara.com - Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Arie Setiadi mengungkapkan telah mengirimkan ahli kontruksi ke Kabupaten Lamongan untuk mengatasi ambruknya Jembatan Cincin Lama atau dikenal Jembatan Babat yang menghubungkan Kabupaten Lamongan dan Tuban.

“Kami sudah mengirimkan tim ahli kesana untuk mengatasi ambruknya jembatan tersebut,” kata Arie saat ditemui di Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Selasa (17/4/2018).

Arie menduga ambruknya jembatan tersebut lantaran kelebihan beban. Hal ini berdasarkan hasil kajian tim peneliti dan pihak kepolisian yang diterima Arie sampai saat ini.

“Jadi laporan dari sana saat kejadian itu ada truk berisi limbah smelter, ada truk berisi pasir dan motor yang melintas dijembatan tersebut. Nah dari data-data yang ada kemungkinan terbesar adalah akibat beban berlebih yang menyebabkan ambruknya jembatan tersebut,” ujarnya.

Terkait langkah selanjutnya yang akan dilakukan pemerintah adalah menunggu hasil kajian dari para tim ahli.

“Kita lihat hasil stuktur-struktur yang ada apakah cukup hanya mengganti bentang yang rubuh tersebut atau akan seperti apa. Mudah-mudahan pilarnya tidak rusak sehingga bisa dilakukan perbaikan,” katanya.

Baca Juga

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS