Punya Kartu Kredit? Ingat dan Pahami 6 Aturan Pemakaiannya!

Arsito Hidayatullah
Ilustrasi kartu kredit. (Shutterstock)
Ilustrasi kartu kredit. (Shutterstock)

Memiliki kartu kredit memberi kemudahan untuk mendapatkan pembiayaan tak terbatas, tapi jangan salah langkah.

Suara.com - Terkadang memang, ada pandangan negatif terhadap pengguna kartu kredit yang dinilai sangat mungkin mendukung gaya hidup hedonis yang konsumtif. Tetapi sebenarnya, jika sudah memiliki dasar dalam tata kelola keuangan pribadi yang mumpuni, maka kartu kredit bisa sangat bermanfaat untuk menunjang kebutuhan dalam bertransaksi secara finansial.

Namun memang, tak semua orang mengetahui bagaimana caranya, sehingga terjebak pada lingkaran utang yang mencekik leher. Agar tak jadi bumerang dalam kehidupan keuangan, ada baiknya Anda mengetahui aturan dasar memakai kartu kredit.

Penasaran apa saja yang mesti diperhatikan? Simak ulasannya berikut ini seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Tentukan tujuan penggunaan dengan jelas

Kartu kredit bukan hanya untuk membiayai atau mendukung kebiasaan konsumtif saja. Ada banyak manfaat yang bisa didapat jika Anda bisa cermat mengatur tujuan penggunaan kartu kredit dengan jelas sejak awal.

Misalnya saja, kartu kredit bisa sebagai ganti uang tunai untuk pembayaran tagihan atau cicilan bulanan. Maka sesuaikan apa yang menjadi kebutuhan mendasar, sebelum mulai berpikir untuk memiliki kartu kredit.

2. Ingat, utang harus dibayar

Memiliki kartu kredit memberikan kemudahan untuk mendapatkan pembiayaan yang tidak terbatas, sehingga apa pun bisa Anda miliki hanya dengan sekali gesek. Nah, di situlah tanggung jawab dan kemampuan untuk mengelolanya diuji.

Jangan hanya senang ketika menggesek kartu kredit untuk mendapatkan apa yang diinginkan, tetapi malas ketika harus membayar tagihannya. Harus dipahami bahwa utang merupakan sebuah kewajiban yang harus dipenuhi meskipun bertahun-tahun tak Anda bayar.

Konsekuensinya pada kondisi keuangan jangka panjang bisa sangat fatal jika mengabaikannya. Maka, pergunakan sebaik-baiknya sesuai dengan kebutuhan, bukan sesuai keinginan sesaat yang menyesatkan. Jika tak sanggup membayar tagihannya, maka sebaiknya tahan diri sebelum menggunakannya.

3. Pertimbangkan dua kartu dari bank penerbit berbeda

Jika ingin punya beberapa kartu kredit sekaligus, cobalah untuk mempertimbangkan dari dua bank penerbit yang berbeda. Mengapa? Agar benefit yang didapatkan dari kedua kartu kredit tersebut bisa lebih maksimal dan mendukung kebutuhan finansial.

4. Jangan gunakan untuk kebutuhan konsumtif

Siapa yang tak suka belanja? Pria maupun wanita suka berbelanja. Tapi, bukan berarti kartu kredit bisa Anda gunakan seenaknya untuk berbelanja kebutuhan pribadi yang sebetulnya bisa dibeli secara tunai. Sebab, ada konsekuensi yang harus ditanggung jika suka melakukannya.

Jika ingin belanja kebutuhan pribadi, ada baiknya gunakan saja uang tunai. Hal ini supaya limit kartu kredit Anda tak habis sia-sia hanya untuk hal-hal yang tidak terlalu mendesak.

5. Mendukung transaksi online

Kemudahan yang bisa diperoleh ketika memiliki kartu kredit salah satunya adalah untuk mendukung transaksi secara online yang bisa dilakukan lintas negara. Makanya, ketika bepergian ke luar negeri dan tak sempat menukarkan uang, kartu kredit bisa jadi penyelamat.

Selain itu, kartu kredit juga bisa untuk booking tiket perjalanan, baik kereta api hingga pesawat terbang. Juga untuk transaksi jual-beli online, sehingga memudahkan Anda yang memiliki mobilitas tinggi dengan aktivitas super padat.

6. Batasi penggunaannya dengan bijak

Kartu kredit memang memiliki limit atau batasan, tetapi buatlah agar diri sendiri yang menentukan batasnya. Supaya penggunaannya jangan sampai mencapai batasnya, paling tidak batasi penggunaan kartu kredit agar tak sampai lebih dari 30% penghasilan bulanan. Jika lebih, maka sangat mungkin menyebabkan kekacauan pada keuangan Anda yang sebelumnya telah stabil.

Penggunaan yang Terarah Membuat Kartu Kredit Lebih Bermanfaat

Memiliki kartu kredit bukan hanya sekadar untuk gengsi atau mendapatkan pendanaan untuk belanja, tetapi manfaatnnya ternyata jauh lebih dari itu. Karenanya, ketahui apa saja kekurangan dan juga kelebihan yang dimiliki setiap kartu kredit yang Anda miliki. Lalu tentukan tujuan yang terarah, sehingga manfaatnya pada finansial bisa Anda dapatkan secara maksimal.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Tips Menjaga Keamanan Kartu Kredit

Cara Isi Pulsa Pakai Kartu Kredit

Traveller Wajib Punya Kartu Kredit Ini, Kenapa?

Published by
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS