Gelar Promo Belanja, Dalam 1 Jam Alibaba Raup Rp 182,26 Triliun

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Gelar Promo Belanja, Dalam 1 Jam Alibaba Raup Rp 182,26 Triliun
Festival belanja online 11.11 Alibaba

Kali ini, promo belanja tersebut dinamakan Singles Day.

Suara.com - Raksasa e-commerce asal China, Alibaba Group Holding Inc kembali menggelar promo belanja. Kali ini, promo belanja tersebut dinamakan Singles Day.

Promo belanja tersebut sangat menguntungkan bagi Alibaba. Tercatat, Alibaba meraup triliunan rupiah hanya dalam kurun waktu satu jam pertama.

Seperti dilansir Reuters, e-commerce yang dimiliki Jack Ma itu mencatat transaksi belanja pada promo belanja tersebut sebesar 91,2 miliar yuan atau setara 13 miliar dolar AS atau setara Rp 182,26 triliun (1 dolar AS = Rp 14.020) dalam satu jam saja.

Raihan transaksi belanja itu naik 32 persen dibanding promo belanja tahun lalu yang hanya sebesar 69 miliar yuan.

Singles Day telah dipromosikan sebagai festival belanja oleh Ketua dan Kepala Eksekutif Alibaba Daniel Zhang sejak 2009, dan berkembang pesat untuk menjadi gelaran penjualan online terbesar di dunia.

Raihan transaksi Alibaba ini mengalahkan promo belanja milik Amerika Serikat yaitu Cyber Monday yang hanya meraih 7,9 miliar dolar AS.

Alibaba terus mendominasi industri belanja online, tetapi bukan tanpa persaingan.

Selain saingan lama JD.com, sekarang menghadapi persaingan dari pemula Pinduoduo, yang popularitas melonjak pada tahun 2017 dengan menargetkan konsumen di kota-kota China yang lebih rendah.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS