Bagikan 2 Miliar 'Angpau', Alibaba Gelar Festival Belanja Terbesar di Dunia

Bangun Santoso
Bagikan 2 Miliar 'Angpau', Alibaba Gelar Festival Belanja Terbesar di Dunia
Global Shopping Festival Alibaba 2019 (dok Alibaba)

Alibaba Group pada awal pekan ini mengumumkan salah satu rencana besarnya yakni Global Shopping Festival 11.11 tahun 2019

Suara.com - Alibaba Group pada awal pekan ini mengumumkan salah satu rencana besarnya yakni Global Shopping Festival 11.11 tahun 2019. Ajang itu merupakan festival belanja terbesar di dunia yang diusung oleh Alibaba, tepat 11 tahun lalu.

Dengan skala dan jangkauan lebih besar dari tahun sebelumnya, festival 11.11 ke-11 ini akan dihadiri oleh lebih dari 200.000 merchant, 22.000 di antaranya akan berasal dari 78 negara, termasuk Indonesia, untuk menawarkan pilihan produk internasional yang luas bagi para konsumen.

Seperti dilansir Alibaba,  Minggu (10/11/2019), tahun ini, Alibaba akan menawarkan 1 juta produk baru yang akan ditawarkan dengan target 500 juta konsumen yang akan berbelanja dalam festival belanja ini – 100 juta lebih banyak dari tahun lalu.

Alibaba juga berencana membagikan 2 miliar “angpau” digital dan menggandeng 2.000 key opinion leader untuk berpartisipasi pada sesi livestreaming di berbagai platform milik Alibaba, untuk mempromosikan produk-produk serta meningkatkan interaksi brand dengan konsumennya. Diperkirakan akan ada kupon serta promosi bernilai RMB 50 miliar dari platform dan brand yang digunakan oleh para konsumen pada festival ini.

Berbicara dalam konferensi pers di Shanghai, Jiang Fan, President Tmall dan Taobao, mengungkapkan bahwa ada tiga fokus utama yang mendorong penyelenggaran 11.11 ke-11 ini: “New Consumption” – untuk meningkatkan daya beli di kota-kota kecil; “New Business” – untuk upgrade Tmall menjadi Tmall Flagship Store 2.0. serta “Green Society” – untuk menjadikan 11.11 lebih ramah lingkungan.

“Kami ingin memacu permintaan konsumen dan mendukung peningkatan gaya hidup di Tiongkok dengan menghadirkan berbagai brand dan produk baru. Selain itu, kami akan mendukung para merchant di Tiongkok dan seluruh dunia untuk membangun bisnis mereka melalui inovasi produk berbasis data dan consumer insight, serta memanfaatkan personalisasi rekomendasi produk dan interaksi dengan konsumen yang berbasis konten untuk memuaskan konsumen dari berbagai kalangan,” ujar Jiang Fan.

“Karena skalanya yang besar, kami juga akan memastikan bahwa Global Shopping Festival 11.11 akan dilaksanakan dengan mengusung prinsip hijau dan ramah lingkungan,” tambahnya.

Konsumsi di Kota-kota Kecil

Tiongkok mengalami peningkatan daya belanja yang demikian besar, baik di kota-kota besar maupun di kota-kota kecil. Hal ini menciptakan saluran pertumbuhan bagi Alibaba serta pemilik brand dan penjual di platformnya untuk bergerak dalam memenuhi permintaan konsumen.

Terhitung Juni 2019, terdapat 266 juta penggguna baru (pengguna aktif bulanan) Taobao sejak dua tahun terakhir. Di tahun fiskal 2019, 70% dari mereka berasal dari kota-kota kecil.

Chris Tung, Chief Marketing Officer Alibaba Group, mengatakan: “Kami tidak hanya berfokus pada pertumbuhan jumlah konsumen di kota-kota kecil. Secara paralel, Alibaba juga akan mendukung digitalisasi pebisnis dan pabrik di kota-kota kecil tersebut untuk meningkatkan efisiensi operasional dan kemampuan untuk berinteraksi dengan konsumen, dengan memberikan mereka akses pada analytics, teknologi Internet of Things, dan berbagai perangkat pemasaran. Hal ini akan membantu mereka meningkatkan produktivitas untuk memenuhi permintaan konsumen.”

Tmall 2.0

Untuk menyambut 11.11 Global Shopping Festival, para merchant telah melakukan upgrade menjadi Tmall Flagship Store 2.0. Versi terbaru Tmall Flagship Store kini menawarkan berbagai fitur dan alat baru yang menyediakan ruang bagi brand untuk dapat berinteraksi lebih jauh dengan konsumen mereka melalui konten yang kaya dan interaktif, serta pengalaman omnichannel.

Versi terbaru yang diluncurkan bulan Juli lalu ini menawarkan pengalaman bagi para merchant untuk menyesuaikan dan mengatur flagship store mereka untuk menawarkan pengalaman yang lebih mengesankan bagi para konsumen. Para merchant dapat mengatur konten dan promosi produk untuk berbagai tipe konsumen berdasarkan profil mereka.

Tom Ford, MAC, Giorgio Armany Beauty dan Victoria’s Secret, akan menggunakan versi terbaru ini, dan Jiang Fang mengatakan bahwa pada tahun yang akan datang, Tmall akan bekerja sama dengan 10.000 merchant untuk mengupgrade ke versi 2.0 ini.

11.11 yang Lebih Ramah Lingkungan

“Selama 10 tahun terakhir, kami terus memecahkan rekor GMV tahun sebelumnya, dan tahun ini, 11.11 bukan hanya soal volume dan GMV, tapi juga pembangunan yang berkelanjutan,” ujar Jiang Fan.

Oleh sebab itu, lanjutnya, Alibaba akan menyiapkan 75.000 pusat daur ulang: 40.000 diantaranya melalui Cainiao Smart Logistics Network dan 35.000 melalui para mitra kurir ekspresnya. Selain itu, Alibaba juga akan menetapkan 20 November sebagai “Hari Daur Ulang Kardus Nasional” di Tiongkok, dengan menjadikan seluruh pusat daur ulang tersebut menjadi fasilitas daur ulang permanen. Ke depannya, kardus-kardus bekas pakai yang sudah didaur ulang akan dimanfaatkan untuk pengemasan dan pembungkusan paket.

Selain itu, para konsumen akan didorong untuk melakukan daur ulang dengan insentif Green Energy Point reward dari Ant Forest.

Pada tanggal 11 November nanti, Alibaba Cloud berharap agar dapat menghemat energi sebesar 200.000 jam kilowatt di pusat data mereka, yang akan didukung oleh energi terbaharukan serta teknologi hemat-daya seperti liquid-cooled server.

Perayaan Global yang Sesungguhnya

Hitung mundur menuju festival belanja 24 jam tersibuk di dunia ini akan dilakukan pada 10 November 2019, pada sebuah pertunjukan gala berdurasi dua jam yang akan ditayangkan di Tiongkok dan 50 negara di dunia. Tidak sekedar program hiburan, acara ini akan akan didukung oleh teknologi “See Now, Buy Now” dan akan diramaikan oleh berbagai produk, yang dapat langsung dipesan secara presale untuk pertama kalinya.

Selain itu, Alibaba juga akan menawarkan lebih banyak jenis produk yang dari tahun-tahun sebelumnya. Produk-produk tersebut meliputi Fast-moving consumer goods (FMCG), produk elektronik, serta busana dan aksesoris fashion

Untuk kedua kalinya, Lazada akan hadir dengan fitur “shoppertainment” yaitu perpaduan antara kegiatan belanja dan hiburan. Melalui fitur ini, Lazada berharap dapat mencetak rekor jumlah merchant yang berpartisipasi dan memberikan voucher diskon bagi konsumen di enam pasarnya. India merayakan festival ini dengan menggelar UC Shopping Festival bekerjasama dengan Paytm, VMate, dan 9Apps. Sementara, Daraz, yang pada acara 11.11 tahun lalu telah mengguncang pasar retail Asia Selatan, kini kembali bersiap untuk memeriahkan Global Shopping Festival di Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, Myanmar, dan Nepal.

Selain itu, AliExpress akan turut memeriahkan dengan menghadirkan merchant dari Rusia, Spanyol, dan Turki, yang untuk pada pertama kalinya akan berpartisipasi pada festival 11.11 ini.

Untuk memuaskan keinginan wisatawan Tiongkok, Fliggy juga akan hadir menawarkan lebih dari 30.000 paket perjalanan ke lebih dari 200 destinasi. Para konsumen akan mendapatkan tips dan saran dari para pakar pelancong melalui livestreaming pada saat 11.11.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS