Teten Masduki: Jangan Cuma Serba Ada, Warung Harus Serba Pintar

Liberty Jemadu | Ummi Hadyah Saleh
Teten Masduki: Jangan Cuma Serba Ada, Warung Harus Serba Pintar
Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menghadiri pembukaan Festival Gerakan Warung Nasional di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu (14/12/2019). [Suara.com/Ummi Hadya Saleh]

Teten Masduki meminta warung harus semakin pintar dengan memanfaatkan teknologi agar bisa melawan gempuran toko-toko ritel yang semakin menjamur di Tanah Air.

Suara.com - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan warung milik masyarakat harus semakin pintar dengan memanfaatkan teknologi agar bisa bertahan melawan gempuran toko-toko ritel yang semakin menjamur di Tanah Air.

Ajakan Teten Masduki itu disampaikan kala ia mewakili Presiden Joko Widodo menghadiri pembukaan Festival Gerakan Warung Nasional di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Sabtu (14/12/2019).

"Dengan hadirnya ritel, warung bukan hanya serba ada, tapi juga serba pintar," ujar Teten.

Karena itu kata Teten Masduki perlu dibangun konektivitas lewat jaringan suplai barang. Sebab adanya teknologi sangat memudahkan karena semua sudah terkoneksi.

"Saya kira sekarang ini konektivitas itu gampang, teknologi sudah demikian maju, infrastruktur dan internet juga pemerintah sudah lakukan, jadi hampir nasional sudah terkoneksi," kata dia.

Lebih lanjut, Teten menuturkan pihaknya memilki strategi mendorong UMKM yakni dengan memperluas akses pasar warung tradisional. Sehingga kata dia warung-warung bisa berjualan melalui online.

"Jadi warung kita harus perluas tidak hanya jualan di kampung, tapi juga bisa di marketplace online, digitalisasi jadi target kita. Tapi ada dari anak-anak muda di level mikro yang bisa keluar kampung sehingga bisa naik kelas dan capai market yang besar. Jadi ini yang kami targetkan agar makin hari makin besar," tutup Teten Masduki.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS