Kas Negara Rp 2.700 Triliun Bakal Dibelanjakan Habis Demi Putar Ekonomi

Iwan Supriyatna | Mohammad Fadil Djailani
Kas Negara Rp 2.700 Triliun Bakal Dibelanjakan Habis Demi Putar Ekonomi
Ilustrasi kas negara.

Pemerintah akan menghabiskan seluruh Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2020 yang sebesar Rp 2.700 triliun lebih.

Suara.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan, pemerintah akan menghabiskan seluruh Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) tahun 2020 yang sebesar Rp 2.700 triliun lebih.

Hal tersebut demi menyelamatkan ekonomi Indonesia yang tertekan akibat pandemi virus corona atau Covid-19.

Hingga pertengahan tahun, kata Ketua Umum Partai Golkar ini pemerintah sudah membelanjakan kas negara mencapai Rp 1.000 triliun.

"Sampai Juli kemarin sudah membelanjakan Rp 1.000 triliun sehingga dalam kuartal III dan kuartal IV itu kita diharapkan bisa membelanjakan Rp 1.700 triliun di mana, Rp 700 triliun di kuartal III dan Rp 1.000 triliun ada di kuartal IV," kata Airlangga dalam webinar Rakornas Apindo, Rabu (12/8/2020).

Airlangga menuturkan sata-satunya instrumen penyelamat ekonomi adalah dengan memaksimalkan belanja negara, mengingat sektor lain tidak bisa diharapkan karena mendapatkan tekanan yang luar biasa dari Covid-19.

Makanya kata dia, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para pembantunya untuk bergerak cepat memacu belanja agar pertumbuhan ekonomi bisa memasuki zona positif.

"Bapak Presiden mendorong belanja di setiap kementerian dipacu. Karena kalau ini dipacu kita harapkan bisa masuk ke jalur positif," jelasnya.

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu), Suahasil Nazara mengungkapkan bahwa pemerintah akan maksimal berperan dalam meningkatkan angka pertumbuhan ekonomi.

Caranya dengan memastikan Kementerian/Lembaga (K/L) mempercepat belanja dan mempersiapkan estimasi pencairan anggaran per bulan.

“Kemenkeu siap mengadakan cash-nya dan kegiatan harus berjalan semua apalagi kegiatan berupa padat karya, perlindungan sosial, UMKM," ungkapnya pada dalam sebuah webinar, Rabu (12/8/2020).

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS