alexametrics

Menkes Khawatir Kasus Covid Melonjak dan Ancam KTT G20 di Bali

Siswanto | Achmad Fauzi
Menkes Khawatir Kasus Covid Melonjak dan Ancam KTT G20 di Bali
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat ditemui di DPR RI. (Suara.com/Novian)

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengkhawatir terjadi lonjakan kasus Covid-19 di tengah pelonggaran kegiatan masyarakat.

Suara.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengkhawatir terjadi lonjakan kasus Covid-19 di tengah pelonggaran kegiatan masyarakat.

Jika terjadi lonjakan kasus lagi, akan memberikan dampak pada agenda internasional yang akan diselenggarakan di Indonesia. Misalnya, mengganggu event Konferensi Tingkat Tinggi G20 di Bali pada 2022. 

"Jadi saya benar-benar khawatir, kalau nanti Januari-Februari loncat, itu nggak ada yang mau dateng kepala negara G20 itu ke kita," ujar Budi dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Senin (8/11/2021).

Budi mengingatkan masyarakat untuk tidak terlalu euforia terhadap penurunan kasus Covid-19. Euforia berlebih biasanya diikuti dengan peningkatkan kasus.

Baca Juga: Menkes: Mohon Maaf Bapak-ibu DPR yang Berpenghasikan Cukup, Vaksin Booster Bayar Sendiri

"Semua kenaikan kasus itu selalu terjadi sesudah penurunan, karena kita euforia. Kita lupa kita ingin buru-buru terbuka sehingga naik lagi dan itu terjadi terus sudah dua kali kalau bisa jangan terjadi lagi," kata Budi Gunadi Sadikin dikutip dari ANTARA.

Pemerintah juga membahas soal syarat perjalanan. Dalam diskusi itu, kata Budi, pemerintah memberikan kebijakan terkait prinsip "gas dan rem" dalam mengantisipasi penularan COVID-19 serta memastikan roda perekonomian tetap berjalan baik.

"Posisi kami adalah ingin memastikan karena keputusan di rapat kabinet itu Bapak Presiden Joko Widodo ada gas dan ada remnya. Kemenkes di sini berfungsi sebagai rem," katanya.

Budi berpendapat akan lebih baik bila kebijakan PPKM diberlakukan secara hati-hati, terutama menghadapi Natal dan tahun baru dalam waktu dekat.

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Covid-19, Kulon Progo Tak Kurangi Jumlah Tempat Tidur

Komentar