alexametrics

Arti Novus Ordo Seclorum dan Mata Satu Pada Dolar AS, Benarkah Berkaitan Dengan Dajjal?

M Nurhadi
Arti Novus Ordo Seclorum dan Mata Satu Pada Dolar AS, Benarkah Berkaitan Dengan Dajjal?
Ilustrasi lambang pada dolar (Unsplash)

Desain ini dipakai di uang 1 dolar AS. Pada 1935. Presiden Franklin D Roosevelt menerima desain itu dengan beberapa perubahan di bagian lain.

Suara.com - Pada uang dolar Amerika Serikat, terdapat lambang berupa mata satu dan kalimat bertuliskan Novus Ordo Seclorum. Lalu sebenarnya apa arti Novus Ordo Seclorum dan mata satu pada dolar AS?

Di samping mata uang dolar Amerika Serikat, mata satu sebelah kiri juga dapat ditemukan di lambang negara Paman Sam itu. Lambang Amerika Serikat atau juga disebut sebagai Segel Agung AS terdiri dari dua sisi, yakni bagian muka dan bagian belakang. Simbol The Eye of Providence atau mata satu di atas piramida tak sempurna terdapat pada sisi belakang lambang negara.

Ada angka Romawi di tingkat terbawah piramida, yakni MDCCLXXVI atau tahun kemerdekaan AS pada 1776. Simbol mata satu dan piramida dilengkapi moto bahasa Latin Annuit Coeptis dan Novus Ordo Seclorum.

Menurut Edaran Departemen Luar Negeri Amerika Serikat piramida adalah lambang  kekuatan dan ketahanan. Annuit Coeptis artinya (Dia) Yang Menyetujui Usaha Kita Siapa yang menyetujui? Sang Maha Pemelihara yang disimbolkan dalam mata satu.

Baca Juga: Harga Emas Dunia Kembali Bersinar Setelah Anjlok 3 Persen

Dia Yang Menyetujui Usaha Kita sebagai Dia dalam tanda kurung dimaknai sebagai Tuhan. Moto Novus Ordo Seclorum artinya Tatanan Zaman Baru, maksudnya adalah era baru sesudah kemerdekaan 1776.

Desain The Eye of Providence di Segel Agung AS muncul berkat jasa Pierre Eugene du Simitiere pada 1776. Pierre adalah seorang seniman yang berpengalaman merancang lambang. Desain itu terus berubah namun simbol The Eye Providence tetap selalu bertahan.

Pengukir dari Philadelphia bernama James Trenchard menciptakan simbol piramida dan The Eye of Providence hampir mirip seperti yang ada saat ini, tapi gambar mata yang digunakannya adalah mata kanan.

Desain itu diperuntukkan bagi Columbian Magazine edisi Oktober 1789. Desain itu berubah saat Benson J Lossing menggunakannya untuk Harper's New Monthly Magazine edisi Juli 1856. Gambar mata kanan berubah menjadi mata kiri.

Desain itulah yang kemudian juga dipakai di uang 1 dolar AS. Pada 1935. Presiden Franklin D Roosevelt menerima desain itu dengan beberapa perubahan di bagian lain.

Baca Juga: Dolar AS Menguat, Emas Dunia Anjlok 3 Persen dan Perak 5 Persen

The Eye of Providence memantik teori konspirasi. Simbol itu dikaitkan dengan Illuminati, organisasi rahasia yang menurut teori konspirasi bertanggung jawab atas kekacauan dunia. Sebenarnya simbol mata satu semacam itu telah ada sejak era Mesir Kuno, yakni simbol Dewa Horus. Simbol Mata Horus menjadi jimat, disebut Wadjet, melawan mata jahat (evil eye).

Komentar