alexametrics

Makin Berkembang Kala Pandemi, Kreasi Gula Aren Pacitan Tembus Pasar Benua Biru

M Nurhadi
Makin Berkembang Kala Pandemi, Kreasi Gula Aren Pacitan Tembus Pasar Benua Biru
Gula Aren Temon Pacitan (Instagram/gula_aren_temon)

Kreasi gula aren asal Pacitan yang dikembangkan Mega kini sudah masuk ke pasar Turki.

Suara.com - Indonesia tidak akan pernah habis dengan produk bumi yang memikat dunia. Perpaduan sumber daya yang kaya dan kreativitas warganya membuat negara kita makin inovatif.

Salah satu komoditas yang menarik perhatian yakni gula aren. Komoditas yang diolah dari pohon aren ini ternyata sudah dikenal di Eropa sejak jaman kolonial Belanda.

Kualitas gula aren nusantara bisa dibilang salah satu yang terbaik di dunia. Hal ini didukung penjelajah asal Inggris, Harriet Winfried Ponder yang menulis cita rasa par excellent dan wanginya yang khas. Hal ini tertuang dalam bukunya Javanese Panorama yang ditulis sebelum Perang Dunia II sekitar tahun 1942.

Hal ini pula yang menjadi motivasi Mega, seorang perempuan asal Desa Temon Arjosari Pacitan yang berhasil menjual aren mini cube hingga ke Turki.

Baca Juga: Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Satgas Covid-19 Ungkap 19 Daerah Alami Kenaikan Kasus

Meski kini sudah terkenal hingga ke benua biru, Mega tidak pernah menyangka kreasinya itu turut dibawa ke pasar Turki akibat minat dari negara itu.

“Kebanyakan pesanan produksi gula aren kami malah dari luar Pacitan karena kami aktif jual di olshop,” kata dia.

Ia sendiri mengaku usahanya makin berkembang kala wabah Covid-19 melanda. Padahal, disaat yang sama, banyak usaha gulung tikar.

Menyadari potensi ini, ia lantas membentuk kelompok guna merambah pasar yang lebih besar. Gukungan Pemkab juga turut ia rasakan dalam memberikan fasilitas kemudahan perijinan dan edukasi sampai ia mampu membentuk usahanya sendiri CV Temon Agro Lestari.

“Dan yang surprise itu saat kami terpilih menjadi penerima manfaat kompetitif program YESS dari Kementan yang membuat usahanya semakin moncer,” ucapnya.

Baca Juga: Lengkap! Surat Edaran Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Natal Kementerian Agama

Ia bersyukur pula dengan hibah kompetitif program YESS yang Mega dapatkan tahun ini. Hibah itu bisa membantunya meningkatkan produksi gula aren dengan menambah alat produksi dan berbagai pendukung lainnya.

Komentar