facebook

Pertamina Kembali Temukan Sumur Migas Baru di Muaro Jambi, Laju Aliran 434 Barel per Hari

M Nurhadi
Pertamina Kembali Temukan Sumur Migas Baru di Muaro Jambi, Laju Aliran 434 Barel per Hari
ILUSTRASI-Perusahaan migas asal Qatar memulai pengeboran sumur migas di Jambi [ist]

"Sumur SGET-001 diselesaikan lebih cepat dari jadwal dengan realisasi biaya di bawah target," ujar Jaffee.

Suara.com - Sumber minyak dan gas bumi kembali ditemukan PT Pertamina (Persero) dalam eksplorasi Sungai Gelam Timur-001 atau SGET-001 yang berlokasi di Muaro Jambi, Provinsi Jambi.

Direktur Utama Pertamina Hulu Rokan Jaffee Arizon Suardin mengatakan sumur itu memiliki sumber minyak dengan laju aliran sebesar 434 barel per hari (BOPD) dan gas 0.18 juta standar kaki kubik per hari (MMSCFD).

"Sumur SGET-001 diselesaikan lebih cepat dari jadwal dengan realisasi biaya di bawah target," ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Senin (17/1/2021).

Sumur itu dilaporkan terletak kurang lebih delapan kilometer dari fasilitas produksi existing sumur pengembangan GS-02 dan 14 kilometer dari fasilitas produksi sumur pengembangan Ketaling.

Baca Juga: Klasemen Sementara Tim Putri Proliga 2022: Palembang Bank Sumsel Babel

Penemuan ini berhasil dilakukan melalui pekerjaan uji kandungan lapisan pertama (DST#1) yang dilakukan pada reservoir sandstone Formasi Air Benakat pada interval 1.622 meter sampai 1.624 meter.

Rencananya, akan segera dilakukan pekerjaan uji kandungan lapisan pertama (DST#2) pada interval 1.491 meter sampai 1.495 meter di Formasi Air Benakat.

“Seluruh upaya ini merupakan wujud komitmen kami dalam meningkatkan cadangan dan produksi migas di Sumatera dan mendukung pencapaian target produksi minyak dan gas nasional,” ujar Jaffee.

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumatera Bagian Selatan Anggono Mahendrawan memberikan apresiasi yang tinggi kepada semua pihak yang turut andil dalam upaya menemukan cadangan-cadangan migas di semua wilayah kerja hulu migas, khususnya di wilayah Sumatra Bagian Selatan.

“Hal ini tentu juga menjadi langkah dan bentuk usaha untuk mewujudkan cita-cita bersama,” kata Anggono.

Baca Juga: Harga Minyak Sawit Mentah dan Tandan Buah Segar Naik

Ia juga menambahkan bahwa capaian ini dapat menjadi motivasi yang ke depan akan mendorong semangat semua pihak, baik pemerintah maupun masyarakat setempat untuk mendukung industri hulu migas dalam mencari cadangan migas secara lebih agresif ke depannya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar