facebook

Susah Gali Terowongan Kereta Cepat, KCIC Datangkan Ahli dari China

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Susah Gali Terowongan Kereta Cepat, KCIC Datangkan Ahli dari China
Presiden Jokowi meninjau langsung perkembangan konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) berupa terowongan (tunnel) dua yang ada di Kabupaten Purwakarta, Jabar pada Senin (17/1/2022).[BPMI Setpres]

Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China atau KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengungkapkan progres pembangunan tunnel 2 atau terowongan yang bakal dilalui Kereta Cepat.

Suara.com - Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China atau KCIC Dwiyana Slamet Riyadi mengungkapkan progres pembangunan tunnel 2 atau terowongan yang bakal dilalui Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Dwiyana menyebut, dalam pembangunan tunnel ini pihaknya menemui kendala. Salah satunya, tanah yang akan dibangun Tunnel memiliki tekstur clay shale di mana tanah cepat mengembang dan menyebabkan longsor.

"Tanah Clay Shale iu cepat mengembang ya, kalau tanah clay shale dibuka dan mengembang itu daya dukungnya itu jadi berkurang, itu yang menyebabkan terjadi longsoran," ujar Dwiyana seperti dikutip dari Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (18/1/2022).

Dwiyana melanjutkan, untuk mengatasi kendala ini, pihaknya mendatangkan ahli-ahli terowongan dari China. Ahli-ahli ini, jelas dia, nantinya bekerja sama dengan para akademisi dari ITB.

Baca Juga: PT Kereta Cepat Indonesia-China Klaim Kesulitan di Tunnel 2 Sudah Bisa Diselesaikan

"Menambah pekerja ahli tunnel kita datangkan dari china, karena pada suatu kondisi kita perkuat cloating, di permukaan di atas tunnel kita perkuat dengan cloating beton," ucap dia.

Namun demikian, Dwiyana mengaku saat ini kendala tersebut sudah teratasi dan pembangunan kembali berjalan normal.

"Kesulitan sudah kita lewati, pekerjaan sudah mulai normal 1,2 -1,8 meter per hari," kata dia.

Sebelumnya, Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung perkembangan konstruksi Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) berupa terowongan (tunnel) dua yang ada di Purwakarta, Provinsi Jawa Barat, Senin (17/1/2022).

Pembangunan terowongan dua tersebut sempat terkendala oleh sejumlah masalah teknis terkait dengan kondisi tanah.

Baca Juga: Tinjau Terowongan Dua Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung di Purwakarta, Jokowi: Harapan Kita akan Mengurangi Kemacetan

"Hari ini saya melakukan peninjauan pada progres perkembangan konstruksi kereta cepat Jakarta-Bandung bersama-sama dengan Pak Menko, para menteri, dan juga Gubernur Jawa Barat, utamanya di terowongan dua yang memang di sini ada masalah yang harus kita selesaikan, masalah teknis yang harus kita selesaikan," ujar Jokowi dalam keterangannya selepas peninjauan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar