facebook

Pengetatan Aktivitas Masyarakat Diperlonggar, Binda DIY Gencarkan Vaksinasi

Iwan Supriyatna
Pengetatan Aktivitas Masyarakat Diperlonggar, Binda DIY Gencarkan Vaksinasi
Binda DIY terus menggencarkan vaksinasi Covid-19. Diantaranya di Kulonprogo, Bantul, dan Kota Yogyakarta.

Binda DIY terus menggencarkan vaksinasi Covid-19. Diantaranya di Kulonprogo, Bantul, dan Kota Yogyakarta.

Suara.com - Seiring dengan melandainya kasus Covid-19 di Tanah Air, Pemerintah mulai secara gradual melonggarkan pembatasan aktivitas masyarakat.

Untuk mendukung pelonggaran aktivitas masyarakat ini, Badan Intelijen Negara Daerah Istimewa Yogyakarta (BIN DIY) terus menggencarkan vaksinasi Covid-19. Diantaranya di Kulonprogo, Bantul, dan Kota Yogyakarta.

Kepala BIN DIY, Brigjen Pol Andry Wibowo mengatakan, meski kasus Covid-19 turun, kesadaran warga untuk mendapat vaksin masih cukup tinggi di wilayahnya. Menurutnya, Vaksinasi terus dikejar BIN DIY sebagai mitigasi risiko sehingga pelonggaran sosial tidak berakibat melonjaknya kembali kasus Covid-19.

“Masyarakat harus memiliki kekebalan yang memadai untuk bisa beraktivitas dengan aman dan nyaman di tengah masyarakat. Kekebalan ini dapat dicapai minimal dengan vaksinasi dosis primer dan idealnya hingga dosis booster,” kata Andry dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (28/5/2022).

Baca Juga: Kolaborasi Vaksinasi, Binda Sulbar Gencarkan Dosis Booster ke WBP Rutan Mamuju

Lebih lanjut Andry mengatakan vaksinasi Covid-19 tidak hanya berfungsi melindungi kesehatan. Melainkan memastikan kegiatan sosial-ekonomi berjalan dengan aman dan nyaman.

“BIN berkomitmen membangun ketahanan kesehatan untuk menciptakan populasi sehat yang mampu secara kolektif mencegah dan menghadapi krisis,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DIY, Pembajun Setyaningastutie mengatakan, dengan bantuan BIN DIY, pihaknya bisa terus mendistribusi vaksin kepada warga yang belum menerima vaksin.

“Setiap hari kita bisa terus melayani ratusan warga untuk mendapatkan vaksin,” terangnya.

Ia menjelaskan, saat ini masyarakat lebih banyak mencari vaksin booster. Hal itu menyusul dengan capaian vaksin dosis 1 dan dua sudah melebihi 100 persen jumlah penduduk warga DIY.

Baca Juga: Kabar Baik, Bayi Usia 6 Minggu Kini Sudah Bisa Dapat Vaksin Pneumokokus dari Pfizer

Untuk diketahui, pelayanan vaksinasi yang digelar BIN DIY bekerjasama dengan Dinas Kesehatan dan Pemerintah Daerah DIY.

Komentar