facebook

Menkop Teten Masduki Berharap Produk UMKM Tanah Air Terus Digaungkan

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Menkop Teten Masduki Berharap Produk UMKM Tanah Air Terus Digaungkan
Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki resmikan peluncuran program Pasar Lokal Suara UMKM yang diinisiasi Suara.com, Senin (15/8/2022).

"Kami berharap juga media bisa mengambil peran dalam menunjang dan ikut berpartisipasi dalam pengembangan UMKM,"

Suara.com - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop UKM) Teten Masduki menginginkan media tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga bisa mengembangkan UMKM. Salah satunya, dengan ikut memasarkan produk-produk UMKM unggulan.

"Kami berharap juga media bisa mengambil peran dalam menunjang dan ikut berpartisipasi dalam pengembangan UMKM, guna meggaungkan pemasaran branding produk lokal unggulan secara luas," ujar Menkop Teten dalam pembukaan program Buka Pasar Lokal Suara UMKM secara virtual, Senin (15/8/2022).

Menurut Teten, saat ini pemerintah telah memberikan keistimewaan kepada UMKM di mana anggaran belanja 40% kementerian/lembaga untuk membeli produk-produk UMKM. Selain itu, pemerintah juga memberikan ruang usaha sebesar 30% di sarana publik.

"Kemudian menaikan porsi kredit untuk UMKM sebesar 30% pada tahun 2024. Pemerintah terus memperkuat kemitraan UMKM dengan pelaku usaha besar, dengan begitu kita secara perlahan menyiapkan UMKM bagian dari industrialisasi," ucap Menkop Teten.

Baca Juga: Pemerintah Dorong Transformasi Digital,Dorong UMKM Naik Kelas

Pemerintah, tambah dia, juga terus menciptakan ekosistem usaha untuk pengembangan wirausaha nasional, dengan target 1 juta wirausaha mapan baru hingga 2024.

"Selain itu, kami juga terus mendorong UMKM agar terhubung dengan ekosistem digital untuk memanfaatkan potensi ekonomi digital yang diproyeksikan Rp4.500 triliun pada tahun 2030, saat ini sebanyak 19 juta telah onboarding dan semoga angka ini terus tumbuh hingga 30 juta hingga 2024," kata dia.

Sebelumnya, Suara.com telah menginiasi program yang bertajuk SUARA UMKM, Pasar Lokal #DariLokalJadiTerkenal.

Pemimpin Redaksi Suara.com, Suwarjono, mengatakan program ini akan sangat memberikan manfaat yang begitu besar bagi para pelaku UMKM, terutama dalam hal pelatihan, pemasaran, distribusi, administrasi hingga hak cipta produk.

"Karena dalam program ini akan ada coaching (pelatihan) yang akan diberikan mentor-mentor terbaik di bidang UMKM, agar usaha yang anda miliki bisa berkembang dan naik kelas," kata Suwarjono dalam acara roadshow SUARA UMKM yang diselenggarakan di Bandung, Jawa Barat, Kamis (11/8/2022).

Baca Juga: Menkominfo : Peran UMKM Strategis dalam Pengembangan DPSP

Suwarjono pun berharap dengan adanya program ini akan memberikan transformasi nyata bagi para pelaku usaha kecil, sehingga slogan UMKM naik kelas menjadi kenyataan dan dirasakan betul oleh para pelaku UMKM.

Komentar