Jerman Dominasi Penghargaan Piala Konfederasi 2017

Rizki Nurmansyah
Jerman Dominasi Penghargaan Piala Konfederasi 2017
(Dari kiri): Julian Draxler (Jerman), Claudio Bravo (Cile), dan Timo Werner (Jerman). [AFP/Patrik Stollarz]

Draxler meraih trofi Golden Ball.

Suara.com - Tim nasional Jerman mengukir sejarah baru dengan menjuarai Piala Konfederasi untuk pertama kalinya. Di partai final Piala Konfederasi 2017, dini hari tadi, Jerman menang tipis 1-0 atas Cile di Krestovsky Stadium, St Petersburg, Rusia.

Sukses yang didapat timnas Jerman membuat sejumlah pemainnya 'kecipratan' penghargaan. Sang Kapten Julian Draxler misalnya, dia dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Piala Konfederasi 2017.

Gelandang muda 23 tahun ini berhak atas trofi Golden Ball. Sedangkan untuk trofi Silver Ball dan Bronze Ball masing-masing diberikan kepada Alexis Sanchez (Cile) dan Leon Goretzka (Jerman).

Jerman Dominasi Penghargaan Piala Konfederasi 2017 - 1

Selain Draxler, bomber Timnas Jerman, Timo Werner, dinobatkan sebagai top skor Piala Konfederasi dengan tiga gol dan dua assist dan berhak atas trofi Golden Boot.

Sejatinya, jumlah gol yang dibukukan Werner sama dengan yang ditorehkan kedua rekannya, Lars Stindl dan Leon Goretzka.

Hanya saja, Werner unggul dalam statistik assist. Sedangkan, Stindl dan Goretzka tanpa membukukan assist. Stindl dan Goretzka pun berbagi dalam trofi Silver Boot.

Jerman Dominasi Penghargaan Piala Konfederasi 2017 - 2

Kebahagiaan timnas Jerman semakin berlipat ganda lantaran juga terpilih sebagai FIFA Fair Play Award.

Secara kolektif, dari lima pertandingan yang dijalani di Piala Konfederasi 2017, timnas Jerman tercatat mengoleksi delapan kartu kuning dan 66 pelanggaran.

Jerman Dominasi Penghargaan Piala Konfederasi 2017 - 3

Sementara itu, Claudio Bravo memberikan gelar 'hiburan' bagi timnas Cile usai terpilih sebagai Kiper Terbaik Piala Konfederasi 2017. Dia pun berhak membawa pulang trofi Golden Glove.

Meski sempat tidak bermain di dua laga awal fase grup saat melawan Kamerun dan Jerman akibat cedera, Bravo jadi inspirator Cile menembus babak puncak.

Khususnya adalah saat menjadi aktor utama dalam drama adu penalti melawan Portugal yang dikomandoi Cristiano Ronaldo di babak semifinal.

Jerman Dominasi Penghargaan Piala Konfederasi 2017 - 4

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS