Alexa

Bukan Hanya Buffon, Tiga Pemain Italia Ini Ikutan Pensiun

Rizki Nurmansyah
Bukan Hanya Buffon, Tiga Pemain Italia Ini Ikutan Pensiun
Kolase foto Daniele De Rossi, Andrea Barzagli, dan Giorgio Chiellini. [AFP]

"Ini momen gelap bagi persepakbolaan kami," kata De Rossi.

Suara.com - Kegagalan Italia lolos ke Piala Dunia 2018 tidak hanya membuat kiper veteran, Gianluigi Buffon, memutuskan pensiun dari tim nasional.

Langkah ini turut pula diikuti tiga penggawa Italia lainnya, yakni Daniele De Rossi, Andrea Barzagli, dan Giorgio Chiellini.

Italia gagal tampil di putaran final Piala Dunia 2018 Rusia usai kalah agregat 0-1 dari Swedia, dalam play-off Zona Eropa.

Kegagalan itu tidak lepas dari hasil imbang tanpa gol pada leg kedua yang berlangsung di Stadion Giuseppe Meazza, Milan, Senin (13/11/2017) atau Selasa dini hari WIB.

"Ini momen gelap bagi persepakbolaan kami, sangat gelap bagi kami yang menjadi bagian dari era dua tahun ini," kata De Rossi kepada Rai Sport, dikutip dari Football Italia, Selasa (14/11/2017).

"Saya tidak percaya kami harus tersingkir setelah menjalani 180 menit. Swedia pantas mendapat pujian atas penampilan mereka," lanjut gelandang AS Roma.

Sementara itu, Barzagli mengaku sangat sedih harus mengakhiri kariernya di Timnas Italia dengan kegagalan membawa negaranya lolos ke Piala Dunia.

Baginya, ini adalah kekecewaan terbesar sejak memulai karier sepakbola pada tahun 1998.

"Dalam aspek sepakbola, ini adalah kekecewaan terbesar dalam hidup saya. Sangat menyedihkan harus mengakhiri karier dengan cara seperti ini," ujar bek berusia 36 tahun.

"Saya tidak tahu apa yang kurang dari kami. Saya cuma tahu kami gagal ke Piala Dunia, ini sebuah kekecewaan yang unik dan meninggalkan timnas sangat menyakitkan," lanjutnya.

Di lain pihak, Chiellini berharap Timnas Italia bisa secepatnya bangkit dari keterpurukan. Dia juga menilai, masa depan Timnas Italia kini ada di pundak para pemain muda seperti Marco Verrati.

"Italia akan memulai kembali dari Marco Verrati dan pemain lainnya yang lahir di tahun 1990-an yang akan matang performanya saat Piala Eropa berikutnya," tutur Chiellini, 33 tahun.

"Untungnya, kami memiliki beberapa laga (putaran final Piala Eropa 2020) di kandang sendiri," pungkas rekan setim Barzagli di Juventus.

Piala Eropa 2020 sendiri akan digelar di beberapa kota. Hal ini berdasarkan keputusan Federasi Sepakbola Eropa (UEFA) pada 6 Desember 2012 silam.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

INFOGRAFIS