Sepakbola Asian Games 2018: China Berondong Timor Leste 6 Gol

Rully Fauzi
Sepakbola Asian Games 2018: China Berondong Timor Leste 6 Gol
Laga Timnas China U-23 vs Timnas Timor Leste U-23 di Stadion Si Jalak Harupat [Suara.com / Aminuddin]

Tiga laga cabor sepakbola Asian Games dihelat petang ini.

Suara.com - Mimpi buruk harus dialami Timnas Timor Leste U-23 saat melakoni laga perdana penyisihan Grup C cabor sepakbola Asian Games 2018. Timor Leste dihancurkan Timnas China U-23 dengan skor 0-6 dalam laga yang dihelat di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (14/8/2018) petang.

Mengawali jalannya pertandingan babak pertama, China langsung tancap gas keluar menyerang. Wei Shihao dan kawan-kawan langsung mampu menyarangkan gol di menit keempat melalui sundulan Zhang Yuning.

Skuat China tak mengendurkan serangannya meski sudah unggul cepat. Sebaliknya, Timor Leste tak mampu berbuat banyak dan selalu cepat kehilangan bola saat berusaha membangun serangan.

Menit 19, China mampu menggandakan keunggulan melalui sepakan keras Zang Yuan. Tendangan first time Zang Yuan tak mampu ditepis penjaga gawang Timor Leste, Silva Pereira.

Petaka kembali menghampiri kubu Timor Leste. Kali ini giliran Gao Zhunyi yang berhasil memaksimalkan umpan crossing Zhang Yuning melalui sundulan pada menit 26.

Memasuki akhir babak pertama, China kembali berhasil menyarangkan sepasang gol. Menit 32, Wei Shihao berhasil menyundul si kulit bundar yang berujung gol ke gawang Timor Leste.

Tiga menit berikutnya, Yao Junsheng memperlebar keunggulan China menjadi 5-0. Yao Junsheng melepaskan sepakan jarak jauh yang mengarah ke pojok kiri gawang Timor Leste. Pereira pun harus tertunduk lesu saat memungut bola untuk kelima kalinya. Hingga babak pertama usai, skor 5-0 tetap bertahan.

Usai turun minum, serangan China kian tak terbendung. Menit 46, Zhang Yuning kembali sukses menyarangkan bola ke gawang Timor Leste melalui sundulan. Pemain belakang Timor Leste tampak kewalahan saat China memainkan bola-bola atas.

Menit 70, Timor Leste berhasil mendapatkan peluang pertamanya. Sarmento Viegas mampu melepaskan sepakan datar ke gawang China. Namun, penjaga gawang China Chen, Wei masih mampu dengan sigap menangkap sepakan Viegas itu. 

Hingga wasit menyudahi pertandingan babak kedua, skor 6-0 bagi kemenangan China pun bertahan. Kemenangan ini membuat China untuk sementara  memuncaki klasemen sementara Grup C dengan torehan 3 poin.

Dua tim lainnya dari grup ini, yakni Uni Emirat Arab dan Suriah pun akan saling berhadapan pada laga perdana mereka, Selasa (14/8/2018) malam ini pukul 19.00 WIB.

Hasil laga lainnya di saat bersamaan, dari Grup B, Uzbekistan berhasil melibas Bangladesh 3-0 di Stadion Pakansari, Bogor. Uzbekistan pun untuk sementara memimpin klasemen sementara grup ini.

Sementara itu dari Grup D, Vietnam juga menang dengan skor 3-0 atas Pakistan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. Vietnam juga kukuh memimpin klasemen dengan nilai 3 dari satu laga, lantaran Jepang baru akan memainkan laga perdananya di Grup D pada malam ini melawan Nepal.

(Rully Fauzi / Aminuddin)

Kontributor : Aminuddin

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS