Prediksi Timnas Indonesia U-16 vs Iran di Piala Asia U-16 2018

Rully Fauzi
Prediksi Timnas Indonesia U-16 vs Iran di Piala Asia U-16 2018
Para pemain Timnas Indonesia U-16. [ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat]

Garuda Asia akan bentrok dengan Iran di Stadion Nasional Bukit Jalil sore ini.

Suara.com - Timnas Indonesia U-16 siap memulai perjuangan mereka di Piala Asia U-16 2018 di Malaysia, Jumat (21/9/2018) sore ini. Lawan pertama yang dihadapi adalah Iran, pada laga Grup C di Stadion Nasional Bukit Jalil, Kuala Lumpur yang akan kick-off pukul 15.30 WIB.

Meski berat, namun Timnas Indonesia U-16 memang diharapkan bisa menembus babak semifinal di Piala Asia U-16 2018 ini. Kelolosan ke babak empat besar akan membuat Garuda Asia berhak tampil di Piala Dunia U-17 2019 yang akan dihelat di Peru.

Meski demikian, langkah Timnas Indonesia U-16 asuhan Fakhri Husaini tentunya takkan mudah. Bagus Kahfi dan kawan-kawan harus melewati hadangan sejumlah tim kuat untuk bisa menembus babak semifinal.

Di babak fase grup, yakni di Grup C, Timnas Indonesia U-16 juga harus bentrok dengan India dan Vietnam.

Baca Juga: 3 Pelatih Lokal yang Pantas Gantikan Shin Tae-yong, Ketiganya Pernah Bawa Timnas Indonesia Juara

Belum cukup sampai di situ, jika mampu lolos dari penyisihan grup, Timnas Indonesia U-16 juga siap ditunggu tim kuat dari Grup D di babak delapan besar nanti. Grup D yang merupakan grup maut dihuni empat tim kuat, yakni Korea Selatan, Irak, Australia, dan Afghanistan.

Apa pun itu, Timnas Indonesia U-16 tentu akan habis-habisan untuk bisa memetik hasil positif dari laga kontra Iran sore nanti. Well, inilah kesempatan Indonesia untuk mengakhiri tren buruk menghadapi tim-tim dari kawasan Timur Tengah.

Tim-tim Timur Tengah yang memiliki keunggulan postur memang selalu menyulitkan Timnas Indonesia di segala level, mulai dari tim senior hingga level ke bawahnya.

Di turnamen resmi, terakhir kali Indonesia meraih kemenangan atas tim Timur Tengah adalah di pentas Piala Asia 2007. Kala itu, timnas senior menundukkan Bahrain 2-1 di fase grup berkat dua gol penyerang legendaris Tanah Air, Budi Sudarsono dan Bambang Pamungkas.

Setelahnya, Indonesia paling bagus hanya meraih hasil seri. Terakhir, di Asian Games 2018 beberapa waktu lalu, timnas U-23 disingkirkan Uni Emirat Arab di babak 16 besar melalui adu penalti.

Baca Juga: Di PHP Shin Tae-yong Gabung Timnas Senior Piala AFF 2022, Bek Muda Seharga Rp1,3 Miliar Ini Nyaman di Persija

Kembali ke Timnas Indonesia U-16, skuat besutan pelatih Fakhri Husaini sejatinya punya modal yang cukup untuk bisa menundukkan Iran sore ini. Apalagi, moral Garuda Asia kini sedang tinggi-tingginya setelah sukses menjuarai Piala AFF U-16 2018 yang digelar di Tanah Air beberapa waktu lalu.