alexametrics

Mourinho Benarkan Copot Jabatan Pogba sebagai Wakil Kapten

Rully Fauzi
Mourinho Benarkan Copot Jabatan Pogba sebagai Wakil Kapten
Manajer Manchester United, Jose Mourinho (kiri) tampak berdebat dengan gelandang Paul Pogba di sebuah laga Setan Merah musim lalu. [AFP / Ian KINGTON]

Pogba dipastikan tak lagi menjadi kapten kedua alias wakil kapten Setan Merah.

Suara.com - Kabar tentang pencopotan jabatan Paul Pogba sebagai wakil kapten Manchester United menyeruak dini hari tadi. Dan kabar tersebut ternyata memang benar adanya. Manajer Man United, Jose Mourinho mengonfirmasi hal ini, meski menepis jika dirinya berselisih dengan Pogba.

Kabar renggangnya hubungan Mourinho dan Pogba sendiri sudah tersiar sejak paruh kedua musim lalu. Pogba bahkan beberapa kali ditepikan dari starting eleven Man United di musim 2017/2018, sebelum kembali jadi langganan starter pada akhir musim.

Sebelum musim ini bergulir, Pogba sendiri ditunjuk sebagai wakil kapten Man United sebagai deputi bagi Antonio Valencia. Nama terakhir beberapa kali absen di awal musim ini, yang membuat Pogba telah tiga kali mengapteni Setan Merah sejak menit awal laga.

Namun, gelandang internasional Prancis tersebut mengkritik taktik Mourinho saat Man United diimbangi tim promosi Wolverhampton Wanderers 1-1 di Old Trafford akhir pekan lalu, pada laga pekan keenam Liga Inggris 2018/2019.

Ketika itu, Pogba menilai Man United seharusnya bermain super ofensif, apalagi mereka bermain di kandang sendiri. Akan tetapi, Pogba kemudian memberi kesan bahwa komentarnya itu telah dipelintir.

Nah, jelang duel melawan Derby County di putaran ketiga Piala Liga Inggris dini hari tadi, juga di Old Trafford, beredar kabar bahwa Pogba tidak akan lagi mengapteni Man United, setidaknya di musim ini. Gelandang berusia 25 tahun itu sendiri tidak masuk dalam skuat dengan alasan diistirahatkan. 

Media-media Inggris lantas menyakini bahwa Mourinho dan Pogba kembali berselisih, yang berujung pencopotan jabatannya sebagai wakil kapten.

Well, Mourinho sendiri angkat bicara terkait kasak-kusuk ini setelah laga Man United kontra Derby dini hari tadi rampung. Mourinho membenarkan hal ini, sekaligus menyebut jika keputusan ini ia ambi untuk menegaskan otoritasnya di klub.

"Tidak ada perpecahan antara saya dan dia (Pogba), tak ada friksi. Satu-satunya kebenarannya dari kabar yang beredar adalah saya membuat keputusan bahwa Paul bukan lagi kapten kedua," ungkap Mourinho seperti dilansir BBC Sport

"Tapi tidak ada perselisihan, tidak ada masalah sama sekali. Orang yang sama yang memutuskan bahwa Paul bukan lagi kapten kedua lagi adalah orang yang sama yang memutuskan bahwa Paul adalah kapten kedua klub di awal musim ini. Ya, saya sendiri." tegas juru taktik berusia 55 tahun itu.