Tanpa Beto dan Zulfiandi, Sriwijaya FC Tekuk Barito Putera 2-0

Reky Kalumata
Tanpa Beto dan Zulfiandi, Sriwijaya FC Tekuk Barito Putera 2-0
Pemain Tengah Sriwijaya FC, Rizky Dwi Ramadhana merayakan gol saat Sriwijaya menjamu Barito Putera di Stadion GSJ, Palembang, Senin (12/11/2018). (Suara.com/Andhiko Tungga Alam)

Sriwijaya FC mengamankan tiga poin di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring

Suara.com - Sriwijaya FC meraih poin penuh dalam lanjutan Liga 1 2018 pekan ke-30. Meski tanpa tiga penggawanya, Sriwijaya sukses menekuk Barito Putera 2-0 di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ), Palembang, Senin (12/11/2018).

Bentrok dengan skuat besutan Jacksen F Thiago ini, merupakan laga krusial bagi Sriwijaya FC mengingat posisi tim berjuluk Laskar Wong Kito ini wajib menjauh dari zona degradasi.

Di menit awal pertandingan, Hyu Yun Koo dkk langsung menekan pertahanan Barito. Lewat trio penyerang, Manucher Jalilov, Nur Iskandar dan Yogi Rahadian, tuan rumah terus berupaya membongkar barisan belakang Barito.

Pada menit ke-12, berawal dari bola mati, tendangan bebas Hyu Yun Koo ke arah kotak penalti nyaris berbuah gol, jika sundulan Jalilov tidak melebar ke sisi kanan gawang Barito Putera yang dijaga Muhammad Riyandi.

Jual beli serangan terus terjadi. Di menit 22, Muhammad Riyandi menjadi penyelamat gawang Barito setelah menepis tendangan chip yang dilepaskan Yogie Rahadian.

Upaya untuk keluar dari zona merah tampaknya benar benar dilakukan anak didik Angel Alfredo Vera ini. Kendati tidak diperkuat tiga penggawa utamanya, Alberto Goncalves, Zulfiandi, dan Syahrian Abimanyu, sepanjang babak pertama, Sriwijaya FC nyaris menguasai permainan.

Sayangnya, dari sekian banyak percobaan, hingga babak pertama usai, kedua tim belum ada yang bisa dikonversikan menjadi gol.

Usai turun minum, serangan kedua tim tidak berubah. Asa mulai muncul di tubuh Sriwijaya FC. Bermula dari umpan crossing pemain tengah Sriwijaya, Zalnando, dimanfaatkan dengan baik oleh Rizky Dwi Ramadhana di menit 53, setelah tembakan menyusur tanahnya menembus gawang Barito. Skor berubah menjadi 1-0.

Usai kebobolan, Barito tidak tinggal diam. Kendati menerapkan lima pemain belakang, Barito yang dimotori oleh Matias, M Rafi, Sacramento terus berupaya membongkar pertahanan Sriwijaya. Bahkan, Pelatih Barito, Jacksen F Thiago mengganti tiga pemainnya untuk menambah daya gedor.

Gelandang serang Esteban Viscara merayakan gol kedua bagi Sriwijaya FC saat menjamu Barito Putera di Stadion GSJ, Palembang, Senin (12/11/2018). (Suara.com/Andhiko Tungga Alam)
Gelandang serang Esteban Viscara merayakan gol kedua bagi Sriwijaya FC saat menjamu Barito Putera di Stadion GSJ, Palembang, Senin (12/11/2018). (Suara.com/Andhiko Tungga Alam)

Di penghujung laga, publik Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring kembali bergema. Berawal dari umpan satu dua Manucher Jalilov, Esteban Viscarra lolos dari jebakan offside dan berhasil menambah keunggulan Sriwijaya menjadi 2-0.

Dengan kemenangan ini Sriwijaya FC berada di posisi ke-15 klasemen Liga 1 2018 dengan mengumpulkan 36 poin dari 30 laga. Sementara Barito Putera di posisi ke-11 dengan mengantongi 40 poin.

Susunan Pemain :

Sriwijaya FC : Teja Paku Alam, Alan Hendrique, Mahomadou Alhadji Adamou (Achmad Faris Ardiansyah,80)
Esteban Gabriel Vizcarra, Marchko Sandy Merauje, Risky Dwi Ramadhana (Rezki Abdiansyah,86), Yu Hyunkoo (C)
Zalnando, Manuchehr Jalilov, Muhammad Nur Iskandar, Yogi Rahadian (Muhammad Hambali Tolib,73)

Pelatih : Alfredo Vera

Barito Putera: Muhammad Riyandi, Aaron Michael Evans, Ady Setiawan (Nazarul Fahmi, 60), Dandi Maulana Abdulhak
Nazar Nurzaidin, Rony Esar Beroperay, Matias Jesus Cordoba (Fajar Handika,79). Muhammad Rafi Syarahil, Paulo Oktavianus Sitanggang, Marcel Silva Sacramennto (Talaohu Abdul Mushafry, 65), Samsul Arif Munip (C)

Pelatih: Jacksen F Tiago

Kontributor : Andhiko Tungga Alam

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS