5 Fakta Seputar Frenkie de Jong, Rekrutan Anyar Barcelona

Galih Priatmojo
5 Fakta Seputar Frenkie de Jong, Rekrutan Anyar Barcelona
Gelandang Ajax Amsterdam Frenkie de Jong saat melakukan jumpa pers di Athena Olympic Stadium sebelum menghadapi AEK Athens di Liga Champions. ANGELOS TZORTZINIS / AFP

Ternyata Frenkie de Jong pengagum berat Lionel Messi.

Suara.com - Bagi yang belum tahu, pemain anyar Barcelona , Frenkie de Jong ternyata penggemar berat Lionel Messi . Berikut ini fakta lain seputar pemain berusia 21 tahun tersebut.

Seperti yang diketahui, Barcelona telah resmi mendapatkan Frenkie de Jong dari Ajax Amsterdam. Hal tersebut diumumkan langsung oleh pihak klub melalui situs resmi mereka.

Untuk mendapatkan tanda tangan Frenkie de Jong, Barcelona harus bersaing dengan dua tim kaya raya Eropa, yakni Paris-Saint Germain dan Manchester City. Bahkan sang presiden klub, Josep Maria Bartomeu dikabarkan sampai harus turun tangan untuk memburu sang pemain.

Namun, meski sudah resmi menjadi milik Barcelona, Frenkie de Jong akan mulai bergabung ke dalam skuat Blaugrana mulai musim panas mendatang pada Juli 2019.

Sebelum melihat debut Frenkie de Jong bersama Barcelona, ada beberapa hal yang mesti diketahui dari pemain muda berbakat ini.

Frankie De Jong saat bermain untuk Ajax Amsterdam di Liga Champions melawan Bayern Munchen pada 12 Desember 2018 (John Thys/AFP)
Frankie De Jong saat bermain untuk Ajax Amsterdam di Liga Champions melawan Bayern Munchen pada 12 Desember 2018 (John Thys/AFP)

Bolatimes.com sudah berhasil mengumpulkan 5 fakta menarik terkait Frenkie de Jong.

Simak ulasannya.

1. Memulai karier di Willem II Tilburg

Frankie de Jong lahir di Arkel, Belanda pada 12 Mei 1997. Saat ini de jong berusia 21 tahun. Ia memulai kerier sepak bolanya dengan bergabung bersama tim muda Willem II Tilburg pada tahun 2014.

Perkembangan De Jong terbilang cepat, pada tahun 2015 ia langsung menembus tim utama Willem II. Ia juga sempat bermain dengan tim muda Ajax Amsterdam sebelum tembus ke tim utama pada tahun 2016.

Bahkan Frenkie do Jong dikabarkan sempat beberapa kali diincar oleh Feyenoord. Akan tetapi pada saat itu ia menolak untuk bergabung.

2. Menjadi pemain termahal dalam sejarah transfer Ajax

Frenkie de Jong diboyong Barcelona dari Ajax dengan mahar 75 juta euro atau sekitar Rp 1,2 triliun plus 11 juta euro untuk bonus lainnya. Dengan harga tersebut, pemain berusia 21 tahun itu menjadi pemain termahal dalam sejarah transfer klub. De Jong juga menjadi pemain muda termahal di dunia.

3. Fans berat Lionel Messi

Ada sebuah cerita ketika Frenkie de Jong tengah berlibur, saat itu kakeknya memberikan hadiah jersey langka Lionel Messi ketika kapten Barcelona itu masih memakai nomor punggung 30.

Frenkie De Jong juga beberapa kali mengatakan bahwa Messi adalah pemain terbaik di dunia. Ia selalu bermimpi untuk bermain bersama Messi di dalam satu tim. Kini, mimpi De Jong itu pun akan segera terwujud.

4. Bermain di Timnas Belanda

Frankie De Jong menjalani debutnya di Timnas Belanda pada 6 September 2018 lalu. Ia tercatat telah tampil sebanyak lima kali, empat di antaranya di EUFA Nations League dan satunya lagi di uji coba Internasional.

De jong diketahui memiliki posisi sebagai gelandang akan tetapi ia juga bisa bermain sebagai pemain bertahan.

5. Disandingkan dengan Johan Cruyff

Beberapa waktu lalu, Frenkie de Jong pernah disandingkan dengan legenda sepak bola Belanda, Johan Cruyff. Ia pun merasa terhormat bisa disandingkan dengan mantan pemain yang juga pernah membela Barcelona tersebut

"adalah sebuah kehormatan bisa dibandingkan dengan dia (Johan). Saya tidak akan pernah bisa seperti dia. Saya mengagumi Johan," terang Frenkie de Jong. (Bolatimes.com / Andiarsa Nata)

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS