Liga Inggris: Sempat Tertinggal, Arsenal Pukul Balik West Ham 3-1

Bangun Santoso
Liga Inggris: Sempat Tertinggal, Arsenal Pukul Balik West Ham 3-1
Striker Arsenal asal Prancis Nicolas Pepe (kakan) menjadi bintang dengan torehan satu gol dan satu assist saat timnya mengalahkan tuan rumah West Ham United dengan skor 3-1, Selasa (10/12/2019) dini hari WIB. (Foto: AFP)

Nicolas Pepe menjadi bintang pada pertandingan kali ini dengan torehan satu gol dan satu assist

Suara.com - Arsenal akhirnya bisa mengakhiri rentetan hasil buruk di Liga Inggris dalam beberapa pertandingan terakhir. Sempat tertinggal, Meriam London mampu membalikkan keadaan untuk menang 1-3 saat bertandang ke markas West Ham United di London Stadium, Selasa (10/12/2019) dini hari WIB.

Dalam duel sesama tim London ini, Arsenal mendominasi penguasaan bola hingga 61 persen. Meski demikian justru anak-anak asuhan pelatih Freddie Ljungberg harus kebobolan terlebih dahulu di babak pertama lewat gol Angelo Ogbonna di menit 48.

Namun akhirnya, di babak kedua Arsenal mampu bangkit dan membalikkan keadaan menjadi 1-3 melalui gol yang dicetak oleh Gabriel Martinelli, Nicolas Pepe dan Pierre Emerick-Aubameyang.

Kemenangan di markas West Ham ini memutus rentetan hasil buruk Arsenal yang tak pernah menang dalam sembilan laga terakhirnya. Bahkan, kemenangan ini juga menjadi yang pertama bagi pelatih Freddie Ljungberg usai menggantikan Unay Emery yang dipecat.

Dengan raihan tiga angka ini, untuk sementara Arsenal naik ke posisi sembilan dengan 22 poin di klasemen sementara Liga Inggris. Sementara West Ham ada di urutan ke-16 dengan raihan 16 poin.

Jalannya Pertandingan

Sadar butuh kemenangan untuk meningkatkan kepercayaan diri, anak-anak Arsenal langsung menggebrak dan lebih banyak menguasai bola dibanding tuan rumah. Meski demikian, ketatnya pertahanan West Ham menjadikan para pemain depan Arsenal kesulitan.

Berkali-kali diserang, West Ham mencoba bangkit keluar untuk membalas. Salah satunya adalah sepakan keras Pablo Fornals, beruntung kiper Arsenal Bernd Leno masih sigap mengamankan bola.

Arsenal banyak menguasai bola, justru West Ham yang sukses mencetak gol pertama di laga kali ini. Di menit ke-39, sebuah sepak pojok berhasil dimanfaatkan bek Angelo Ogbonna melalui kepalanya. Sundulan pemain asal Italia itu sempat mengenai salah satu pemain Arsenal, bola pun berubah arah dan gol! 1-0 West Ham sementara memimpin.

Hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 untuk keunggulan tuan rumah tak berubah.

Selepas turun minum, Arsenal yang tertinggal satu gol langsung menggebrak. Mereka mengurung habis lini pertahanan West Ham. Sayang pressing tinggi yang dilakukan para pemain tuan rumah menyebabkan upaya Nicolas Pepe dkk kesulitan.

Berkali-kali mencoba, akhirnya Arsenal mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Memasuki menit 60, umpan terobosan Lucas Torreira berhasil disambut Sead Kolasinac yang naik membantu serangan di sektor kanan. Kemudian ia melepas umpan tarik yang dengan cepat disambar Gabriel Martinelli di kotak penalti dan gol! skor berubah 1-1.

Gol tersebut langsung melecut para pemain Arsenal tampil lebih agresif lagi. Hanya berselang enam menit kemudian, Arsenal berbalik unggul menjadi 2-1 lewat aksi Nicolas Pepe.

Pergerakan pemain asal Prancis itu menusuk sisi kiri pertahanan West Ham, lalu ia melepaskan tembakan melengkung yang tak mampu dibendung kiper David Martin. Arsenal berbalik unggul menjadi 2-1.

Mimpi buruk tuan rumah berlanjut hanya tiga menit kemudian, tepatnya di menit 69, sebuah umpan silang Nicolas Pepe mampu dituntaskan Pierre-Emerick Aubameyang dengan tendangan voli untuk merubah skor menjadi 3-1.

West Ham mencoba bangkit mengejar ketertinggalan dengan balik menyerang di sisa waktu yang ada. Namun justru mereka kesulitan merebut penguasaan bola dari tim tamu. Hingga peluit akhir tanda pertandingan selesai, skor 1-3 untuk Arsenal tak berubah.

Susunan Pemain

West Ham United (4-4-1-1): David Martin; Aaron Cresswell (Arthur Masuaku 51'), Angelo Ogbonna, Fabian Balbuena, Ryan Fredericks; Pablo Fornals, Declan Rice, Mark Noble, Robert Snodgrass (Nathan Holland 78'); Felipe Anderson (Sebastien Haller 71'); Michail Antonio.

Pelatih: Manuel Pellegrini

Arsenal (4-2-3-1): Bernd Leno; Kieran Tierney (Sead Kolasinac 29'), Sokratis, Calum Chambers, Ainsley Maitland-Niles; Granit Xhaka (Matteo Guendouzi 86'), Lucas Torreira; Gabriel Martinelli, Mesut Ozil, Nicolas Pepe (Reiss Nelson 88'); Pierre-Emerick Aubameyang.

Pelatih: Freddie Ljungberg

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS