New Normal dan Dampaknya Bagi Sepak Bola Indonesia di Mata Pelatih Persib

Syaiful Rachman
New Normal dan Dampaknya Bagi Sepak Bola Indonesia di Mata Pelatih Persib
Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts memimpin latihan rutin anak asuhnya di lapangan Inspire Arena, Parongpong, Bandung Barat, Jumat (20/3/2020), pagi. [Dok. Persib]

Roda perekonomian Indonesia segera diputar kembali di tengah pandemi lewat kebijakan new normal.

Suara.com - Pelatih kepala Persib Bandung menyambut baik skenario new normal yang bakal diterapkan pemerintah Indonesia dalam menangani pandemi virus corona COVID-19. New normal, disebut Robert bisa berdampak pada laju kompetisi Liga 1 yang kini berstatus force majeure.

"Seperti yang dikatakan Presiden Indonesia, kami harus mulai hidup dengan 'new normal' dan itu bukan hanya di Indonesia tapi di seluruh dunia," ungkap Robert, Rabu (28/5/2020).

Menurutnya, kebijakan new normal tentu akan menguntungkan sektor olahraga sepak bola lantaran kemungkinan kompetisi Liga 1 bisa lagi digelar di tengah pandemi Corona. Ia mengatakan sepak bola kembali bisa dimainkan tapi dengan syarat tanpa penonton.

"Kami melihat ke depan soal 'new normal' dan olahraga kembali diizinkan digelar, sepak bola di beberapa negara menjadi olahraga yang pertama dimainkan lagi meskipun tanpa penonton karena masih sangat beresiko menularkan virus," jelasnya.

Para pemain Persib Bandung menjalani sesi latihan di Stadion Siliwangi, Kota Bandung. ANTARA/Dok. Persib.
Para pemain Persib Bandung menjalani sesi latihan di Stadion Siliwangi, Kota Bandung. ANTARA/Dok. Persib.

Pelatih kawakan asal Belanda itu mengatakan saat skenario new normal sudah diterapkan pemerintah indonesia, maka kemungkinan Liga 1 2020 akan bergulir pada Agustus mendatang. Hal itu, ucap dia, akan menguntungkan tim nasional Indonesia karena jadwal kompetisi menjadi berbarengan dengan agenda FIFA.

Saat kompetisi dimulai Agustus maka kemungkinan Liga 1 akan berakhir antara April atau Mei 2021. Itu sangat membatu kondisi pemain yang memperkuat timnas lantaran selarasnya jadwal kompetisi dengan agenda FIFA.

"Artinya Liga akan berakhir pada April atau Mei tahun depan (2021) mengikuti kalender kompetisi Eropa. Itu bisa membantu pemain timnas berada di puncak permainan dan juga timnas U-19 yang akan bermain di Piala Dunia 2021 nanti," tukasnya. (Aminuddin)

Kontributor : Aminuddin

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS