alexametrics

Kans Barcelona Juarai La Liga Tertutup, Nasib Koeman di Ujung Tanduk

Syaiful Rachman
Kans Barcelona Juarai La Liga Tertutup, Nasib Koeman di Ujung Tanduk
Pelatih Barcelona Ronald Koeman tiba di Paris, Prancis, Selasa (9/3/2021), jelang leg kedua babak 16 besar Liga Champions antara PSG vs Barcelona yang akan digelar di Parc des Princes. [AFP]

Besar kemungkinan Barcelona akan mendepak Koeman.

Suara.com - Perebutan gelar La Liga telah berakhir bagi Barcelona di musim ini. Dengan demikian, tim besutan Ronald Koeman hanya berhasil memenangkan satu trofi musim ini, yaitu Copa del Rey usai menundukkan Athletic Bilbao di final Copa del Rey pada 18 April kemarin.

Pasukan Ronald Koeman kalah 2-1 dari Celta Vigo di pekan ke-37 La Liga yang digelar di Camp Nou, Minggu (16/5/2021). Di laga terakhir, Barcelona akan menghadapi Eibar, di mana hasil dari pertandingan tersebut tidak akan memengaruhi posisi Blaugrana untuk mendapat tiket Liga Champions musim depan.

Barcelona saat ini berada di posisi tiga klasemen dengan 76 poin dari 37 pertandingan. Barcelona saat ini hanya unggul dua poin dari Sevilla di posisi empat.

Pelatih Barcelona Ronald Koeman memimpin sesi latihan di Joan Gamper, Jumat (7/5/2021). [AFP]
Pelatih Barcelona Ronald Koeman memimpin sesi latihan di Joan Gamper, Jumat (7/5/2021). [AFP]

Sementara di posisi pertama ada Atletico dengan 83 poin. Diikuti Real Madrid di posisi dua dengan 81 poin.

Baca Juga: Akui Saja, Barcelona Memang Ketergantungan Lionel Messi

Jornada terakhir yang digelar pada 23 Mei dipastikan menjadi ajang perebutan gelar bagi duo Madrid. Sedangkan bagi Barcelona, turun ke posisi empat pun mereka sudah pasti tampil di Liga Champions.

Namun, mengamankan tiket Liga Champions bukanlah target Barcelona di musim ini. Melainkan memboyong trofi La Liga. Dengan kata lain, posisi Koeman sebagai pelatih kepala di Camp Nou berada di ujung tanduk.

Sejak pergantian tahun, armada Koeman memang tampil impresif. Akan tetapi hasil kurang memuaskan di empat pertandingan terakhir, yaitu imbang melawan Atletico dan Levante, serta tumbang di tangan Granada dan Celta, memaksa Lionel Messi dan kawan-kawan keluar dari persaingan gelar.

Nasib Ronald Koeman di Tangan Laporta

Barcelona terlempar dari persaingan gelar La Liga di pekan ke-37, nasib Ronald Koeman pun dipertanyakan. Pelatih asal Belanda itu diragukan akan memimpin 'proyek' Barcelona di musim depan.

Baca Juga: Sempat "Ngacangin" Klopp, Sadio Mane Akhirnya Minta Maaf

Presiden Barcelona Joan Laporta. (AFP/LLUIS GENE)
Presiden Barcelona Joan Laporta. (AFP/LLUIS GENE)

Diberitakan Marca, Presiden Barcelona FC Joan Laporta dan dewan eksekutif klub akan mempertimbangkan posisi Koeman seandainya dia berhasil merebut gelar La Liga.

Komentar