alexametrics

Menang 2-1 Lawan Makedonia Utara, Sheva Akui Timnas Ukraina Tampil Gugup

Rully Fauzi
Menang 2-1 Lawan Makedonia Utara, Sheva Akui Timnas Ukraina Tampil Gugup
Reaksi pelatih Timnas Ukraina, Andriy Shevchenko pada laga Grup C Euro 2020 kontra Makedonia Utara di Arena Nationala, Bucharest, Rumania, Kamis (17/6/2021) malam WIB. [MARKO DJURICA / POOL / AFP]

Pelatih Timnas Ukraina, Andriy Shevchenko tak sepenuhnya puas atas kemenangan yang diraih pasukannya di laga kedua Grup C Euro 2020.

Suara.com - Timnas Ukraina berusaha keras menaklukkan suasana tegang melawan Timnas Makedonia Utara dalam laga matchday 2 Grup C Euro 2020, Kamis (17/6/2021) malam WIB. Demikian ungkap pelatih Andriy Shevchenko setelah Ukraina menang 2-1 di Arena Nationala, Bucharest, Rumania.

Tim asuhan Shevchenko mendominasi babak pertama melawan tim berperingkat terendah dalam putaran final Euro 2020 itu, dan memasuki jeda dengan sudah unggul dua gol.

Namun, Ukraina 'sempoyongan' pada babak kedua, dan hampir kebobolan oleh peluang pertama Makedonia Utara.

Kiper Ukraina Georgiy Bushchan menggagalkan percobaan gol gelandang Arijan Ademi pada menit ke-47, dan upaya itu mengubah irama permainan menjadi jauh lebih kompetitif, di mana Makedonia Utara membalas satu gol melalui Ezgjan Alioski (57') dari tendangan keduanya setelah eksekusi penaltinya dimentahkan sang kiper.

Baca Juga: Link Live Streaming dan Susunan Pemain Belanda vs Austria, Grup C Euro 2020

"Pertama sekali, bagian dari Euro ini adalah atmosfer yang sangat berbeda. Ini emosional sekali," kata Shevchenko seperti dimuat Tribal Football.

"Ini jenis turnamen yang berbeda, setiap saat keseimbangan tim bisa berubah," sambung pelatih berusia 44 tahun yang akrab disapa Sheva itu.

“Kami bermain sangat bagus pada babak pertama, tetapi mereka memulai babak kedua dengan sangat baik dan kesalahan kami menyebabkan penalti yang membuat mereka mencetak gol."

"Sepertinya cemas dan gugup pun muncul. Kami menciptakan peluang lebih banyak dan kami seharusnya mencetak gol ketiga, tetapi kami juga mesti memuji karakter Makedonia Utara," celoteh eks penyerang andalan AC Milan dan Timnas Ukraina itu.

Ruslan Malinovskiy gagal mengeksekusi penalti Ukraina yang semestinya bisa menambah keunggulan mereka dan Shevchenko mempertahankan keputusannya mengganti kedua pencetak golnya, Andriy Yarmolenko dan Roman Yaremchuk, pada menit ke-70.

Baca Juga: Magis Kevin De Bruyne, Belgia Hajar Denmark di Kopenhagen

"Kami mengubah tim karena kami harus melindungi gawang kami dan kami harus menekan sedikit di depan untuk mencegah umpan-umpan panjang," jelas sang pelatih.

"Kami memasukkan dua pemain baru yang ternyata cukup banyak menekan."

"Saya kira selama pertandingan itu kami mendapatkan cukup peluang untuk mencetak gol lagi. Poin utamanya adalah kami menang," tukas Sheva.

Ukraina mengemas tiga poin setelah melewati dua pertandingan di Grup B dan akan bermain melawan Austria Senin pekan depan.

Sementara itu, Jumat (18/6/2021) dini hari ini Belanda menghadapi Austria, di mana kedua tim sudah mengumpulkan tiga poin setelah menang pada laga pembuka.

Komentar