alexametrics

Indonesia Mungkin Tuan Rumah Piala AFC Zona ASEAN, Ini Respons Persipura

Arief Apriadi | Adie Prasetyo Nugraha
Indonesia Mungkin Tuan Rumah Piala AFC Zona ASEAN, Ini Respons Persipura
Pelatih Persipura, Jackson F Tiago memimpin latihan tertutup tim di Jayapura. [ANTARA/HO/Humas Persipura]

"Ada kemungkinan Indonesia tuan rumah," kata Jacksen F. Tiago.

Suara.com - Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago mendengar kabar bahwa Indonesia kemungkinan akan jadi tuan rumah Piala AFC 2021 zona ASEAN. Namun, dia tak bisa berkomentar lebih jauh karena belum adanya informasi lanjutan.

PSSI lewat Sekjen Yunus Nusi sebelumnya mengatakan bahwa AFC menawarkan Indonesia menjadi tuan rumahi fase grup.

Kesempatan itu pun disambut PSSI dengan melakukan survei terkait mungkin tidaknya hal itu diwujudkan.

Indonesia sendiri memiliki dua wakil di Piala AFC 2021. Mereka adalah Bali United selaku juara Liga 1 2019 dan Persipura Jayapura.

Baca Juga: PSSI Buka Peluang Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala AFC 2021 Zona ASEAN

Namun, kedua tim terancam batal mengikuti ajang prestisius tersebut, lantaran AFC kesulitan untuk mencari stadion yang akan digunakan sebagai venue netral.

Sebelumnya, Singapura adalah tuan rumah Grup H dan I. Namun, mereka mundur lantaran kasus positif Covid-19 di negara tersebut tengah meningkat.

Begitu juga dengan Grup G di mana di dalamnya ada Bali United. Sejauh ini, AFC masih belum menentukan di mana akan berlangsung.

"Kalau tidak salah itu antara AFC dan federasi, bukan AFC dengan klub. Sudah ada pembicaraan dengan PSSI dan dua hari lalu manajer Bento (Madubun) mengatakan ada kemungkinan Indonesia tuan rumah," kata Jacksen dikutip dari kanal YouTube Persipura, Kamis (24/6/2021).

"Tapi tanggap pasti belum ada dan kepastian dari PSSI belum. Tapi komunikasi antara federasi dan klub sudah ada, tapi saya tidak tahu bagaimana," jelas pelatih asal Brasil tersebut.

Baca Juga: Sekjen PSSI: Shin Tae-yong Ingin TC Timnas Indonesia U-18 Digelar Akhir Bulan Ini

Jika merujuk jadwal pertandingan yang telah dirilis AFC, Persipura dan Bali United mulai melakoni laga pertamanya di fase grup akhir Juni 2021. Namun, hingga kini belum ada kejelasan terkait lokasi pertandingan.

Komentar