alexametrics

Pemerintah Pertimbangkan Liga 2 Dihadiri Penonton dengan Syarat Vaksin

Rully Fauzi
Pemerintah Pertimbangkan Liga 2 Dihadiri Penonton dengan Syarat Vaksin
Suasana laga Liga 2 2021 antara Persis Solo vs AHHA PS Pati di Stadion Manahan, Solo, Minggu (26/9/2021) lalu. [Suara.com/Ronald Seger Prabowo]

Kompetisi Liga 2 2021 sudah berjalan sejak akhir pekan kemarin.

Suara.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto yang juga Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN) mengatakan bahwa pemerintah mempertimbangkan agar kompetisi sepakbola Liga 2 2021 bisa digelar dengan penonton dengan syarat telah melakukan vaksinasi COVID-19.

“Tadi saya sampaikan kepada Pak Menpora maupun Ketua Umum PSSI untuk dikaji mungkin dalam jumlah prototipe yang kecil tapi yang diselenggarakan saat sekarang masih full tanpa penonton,” kata Menko Airlangga dalam Konferensi Pers Hasil Pertemuan Menko Perekonomian dan Menpora dengan PSSI secara daring, Selasa.

Pemerintah, lanjutnya, juga akan mengevaluasi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua dan Superbike di Mandalika yang mengizinkan kehadiran 20-25 persen penonton sebagai pertimbangan untuk mengizinkan kehadiran penonton di Liga 2.

“Kita lihat efek ke depannya seperti apa karena Liga 2 ini bergulir sampai bulan Desember,” ujar Airlangga.

Lebih lanjut ia menyampaikan, syarat agar kompetisi olahraga boleh dihadiri penonton adalah sebanyak 70 persen masyarakat di sekitar lokasi kegiatan telah mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 dosis pertama. Sedangkan untuk penonton yang hadir di lapangan kompetisi, disyaratkan untuk telah mendapat vaksinasi dosis penuh.

“Yang nonton dipersyaratkan sudah disuntik dua kali. Tinggal kita menjaga keamanan ring daripada pertandingan, karena menjaga ring menjadi tantangan tersendiri dari segi keamanan dan juga kesehatan,” jelasnya.

Menanggapi arahan Menko Airlangga tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainuddin Amali yang turut hadir pada konferensi pers tersebut mengatakan bahwa Kemenpora akan melihat perkembangan ke depan dan mendiskusikan kembali terkait kehadiran penonton.

“Ini tantangan bagi kami dan PSSI bagaimana melihat perkembangan ke depan, mulai dipikirkan ada pertandingan yang ada penontonnya. Nah kami akan diskusikan arahan dari Pak Menko, tentu hasil diskusi akan kami laporkan kembali,” ujar Menpora Zainuddin.

Adapun kompetisi Liga 2 2021 resmi dibuka tanpa kehadiran penoton yang ditandai dengan duel antara Persis Solo melawan PSG Pati di Stadion Manahan, Solo, Minggu (26/9). Pembukaan Liga 2 tersebut dihadiri Menpora Zainuddin, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Ketua Umum PSSI Mochamad Irawan.

[Antara]

Komentar