facebook

Timnas Wanita Indonesia Berlaga di Piala Asia 2022, Pelatih: Jangan Bebani Kami dengan Ekspektasi Tinggi

Syaiful Rachman
Timnas Wanita Indonesia Berlaga di Piala Asia 2022, Pelatih: Jangan Bebani Kami dengan Ekspektasi Tinggi
Sejumlah pesepak bola Timnas Wanita Indonesia berlatih pada pemusatan latihan di Stadion Madya, kompleks Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Jumat (7/1/2022), sebagai persiapan untuk Piala Asia Wanita 2022 di India. [ANTARA FOTO/Galih Pradipta/wsj]

Di Piala Asia 2022 Indonesia tergabung di Grup B bersama Australia, Filipina dan Thailand.

Suara.com - Pelatih Timnas wanita Indonesia Rudy Eka Priyambada meminta semua pihak agar tidak membebani para pemainnya dengan harapan yang terlalu tinggi pada Piala Asia 2022, India.

"Jangan terlalu membebani kami dengan ekspektasi tinggi. Biarkan anak-anak ini menikmati permainan," ujar Rudy dalam konferensi pers virtual yang diikuti di Jakarta, Rabu (19/1/2022).

Saat ini, pria berusia 39 tahun itu melanjutkan, skuadnya hanya butuh doa dan dukungan dari masyarakat. Tak ada yang lain.

Rudy Eka Priyambada Resmi Ditunjuk PSSI Menjadi Pelatih Tmnas Wanita Senior (dok. PSSI).
Rudy Eka Priyambada Resmi Ditunjuk PSSI Menjadi Pelatih Tmnas Wanita Senior (dok. PSSI).

Rudy menyadari bahwa jalan timnas putri Indonesia di Piala Asia 2022 akan berat lantaran berada satu grup, tepatnya Grup B, dengan tim kuat Australia, Thailand dan Filipina.

Baca Juga: 4 Pemain yang Penampilannya Biasa-biasa Saja Tapi Dipanggil Shin Tae-yong

Skuad berjuluk Garuda Pertiwi juga datang ke Piala Asia 2022 tanpa merasakan ketatnya liga putri di Indonesia yang terhenti sejak tahun 2020 karena pandemi COVID-19. Satu hal lagi, Piala Asia 2022 merupakan Piala Asia Putri pertama Indonesia dalam kurun waktu 33 tahun terakhir.

Namun, dengan kondisi tersebut, Indonesia tetap ingin menampilkan yang terbaik pada setiap pertandingan. Laga pertama melawan Australia pada Jumat (21/1/2022) di Mumbai akan menjadi ujian awal.

"Pertandingan melawan Australia akan menyenangkan. Para pemain mereka banyak yang bermain di Eropa tetapi kami siap berlaga. Kami akan membuktikan timnas putri Indonesia pantas tampil di kancah internasional, di level tertinggi," tutur Rudy.

Sementara kapten timnas putri Indonesia Ade Mustikiana Oktafiani menganggap bahwa laga menghadapi Australia penting.

Selain karena itu laga mula mereka di Grup B, partai tersebut juga menjadi penanda kembalinya sepak bola putri Indonesia ke turnamen tingkat Asia setelah "libur" selama 33 tahun.

Baca Juga: Hadapi Australia di Laga Perdana Piala Asia 2022, Rudy Eka Priyambada Jamin Timnas Wanita Indonesia Tidak Gentar

"Itu akan menjadi pengalaman berharga bagi kami. Kami akan berusaha yang terbaik," kata Ade.

Piala Asia Putri 2022 berlangsung di India pada 20 Januari-6 Februari 2022. Indonesia baru lima kali tampil di turnamen ini dengan penampilan terakhir pada 1989 dan prestasi terbaik menjadi semifinalis pada 1977 serta 1986.

Pertandingan pertama Indonesia pada fase grup Piala Asia Putri 2022 berlangsung 21 Januari 2022 yakni menghadapi Australia.

Kemudian pada 24 Januari 2022, "Garuda Pertiwi" akan melawan Thailand lalu tiga hari kemudian menjajal kekuatan Filipina.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar