Mas Pur TOP, Bekas Wartawan yang Pernah Hidup Susah di Jakarta

Yazir Farouk | Ismail
Mas Pur TOP, Bekas Wartawan yang Pernah Hidup Susah di Jakarta
Furry Setya Raharja alias Mas Pur TOP [Suara.com/Ismail]

Furry Setya Raharja alias Mas Pur dikenal masyarakat berkat Tukang Ojek Pengkolan (TOP).

Pengalaman pahit apa yang Anda alami saat itu?

Jadi saya kelaparan, tidur numpang-numpang saya alamin. Saya pernah makan remah roti karena tidak ada duit sama sekali. Mau minjem susah karena waktu itu sudah malam banget jam dua (pagi).

Terus?

Saya di kosan bingung. Biasa kalau ada duit saya stock makanan, simpen di dalam toples. Tapi ini sama sekali nggak ada stock makanan, duit nggak ada. Jadi saya makan tuh sisa-sisanya, tapi perut masih belum ke isi.

Minum air putih aja nggak ada. Akhirnya saya masuk ke kamar mandi, minum air kran sambil nangis biar perut saya kembung dan padat.

Furry Setya Raharja alias Mas Pur TOP [Suara.com/Ismail]
Furry Setya Raharja alias Mas Pur TOP [Suara.com/Ismail]

Saya nangis minum air keran tapi saya nggak ngeluh. Cuma saya berdoa 'Ya Allah kalau memang ini jalan untuk sukses tambahlah rasa sakit ini. Saya berdoa seperti itu. Akhirnya saya tidur jam tiga (pagi). Terus paginya nunggu temen datang ke kosan. Udah temen saya datang makan, dipinjemin duit, udah kayak orang gila pokoknya, malah minta rokok segala.

Dari situ terus berjuang di Jakarta. Apa cerita selanjutnya?

Saya nggak menyerah sampai akhirnya saya lolos jadi bintang iklan rokok, Djarum 76 versi jangkirik yang lumayan besar saat itu.

Wah dapat bayaran tinggi dong?

Lumayan besar. Itu honor terbesar pertama sekitar belasan juta. Dari situ aku semakin semangat hingga TOP.

Empat tahun bergabung di TOP, apa saja yang sudah Anda raih?

Yang jelas popularitas iya. Kenapa? karena dari situ masyarakat menilai eksitensi seseorang itu dinilai berharga dari popularitas. Apa lagi bicara produksi entertainment semakin tinggi.

Kedua, bisa nabung. Dulu tidur di karpet, ngontrak di rumah petakan yang kumuh, sekarang sudah pake springbed walau ngekos juga, tapi udah ada kamar mandi di dalam, ada televisi yang segede pintu. Itu buat saya pencapaian.

Apa target yang Anda ingin capai saat ini?

Saya ingin beli rumah. Semoga bisa kebeli.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS