Turunkan Berat Badan dengan "Diet Nordic"

Angelina Donna

Senin, 04 Agustus 2014 | 19:02 WIB
Turunkan Berat Badan dengan "Diet Nordic"
Roti gandum hitam (shutterstock)

Suara.com - Sebuah filosofi makanan yang mendasarkan pada menkonsumsi lebih banyak ikan dan aneka jenis beri sudah dikenal luas dan diterapkan untuk gaya hidup sehat.

Kini, ada metode diet terbaru yang diperkenalkan oleh negara-negara Skandinavia seperti Norwegia, Swedia dan Denmark. Mereka menamakannya Diet Nordic, yang menekankan pada konsumsi beri, sayur-sayuran dan minyak ikan.

Beberapa peneliti, termasuk ilmuwan dari Universitas Lund di Swedia meneliti 166 orang yang menderita sindrom metabolik (kondisi tertentu pada seseorang yang rentan terkena penyakit kardivaskular dan diabetes) selama 18 hingga 24 minggu.

Dalam penelitian yang telah dipublikasikan di jurnal Internal Medicine ini menyebutkan mereka yang menerapkan pola makan dengan diet Nordic berhasil mengurangi kadar kolestrol dalam tubuh lebih cepat.

Sementara itu dalam penelitian yang lain di Universitas Kopenhagen, Denmark, ditemukan mereka yang menjalani diet ini lebih cepat mengalami penurunan berat badan. Kesimpulan ini berdasarkan penelitian terhadap 147 orang yang mengalami masalah obesitas. Mereka rata-rata memiliki lingkar pinggang 100 sentimeter. Penelitian ini dilakukan dalam 26 minggu.

Hasil yang didapat adalah mereka yang menjalani diet Nordic mengalami penurunan berat badan rata-rata 4,7kg sementara mereka yang melakukan diet biasa hanya mengalami penurunan berat badan 1,5kg. Tidak hanya itu, diet Nordic juga terbukti menurunkan tekanan darah.

Pada dasarnya, diet Nordic mengikuti aturan yang sederhana, yakni, memakan makanan yang mengandung wholegrains (biji-bijian), aneka beri, sayuran terutama kentang, kubis dan umbi-umbian, minyak canola dan minyak ikan tiga kali dalam seminggu. Diet ini juga menekankan pada makanan organik atau makanan yang dihasilkan dari tanaman liar.

Berikut cara mengikuti Diet Nordic:

Kurangi daging merah
Anda sebaiknya mulai mengurangi konsumsi daging merah, kecuali daging dengan kualitas premium. Perbanyaklah makan ikan dan minyak ikan. Dengan demikian kandungan lemak sehat omega-3 akan bertambah dan mengurangi kandungan lemak tidak sehat.

Pilih beri sebagai makanan kecil
Aneka beri yang berwarna merah atau ungu kaya akan antioksidan yang dikenal ampuh untuk melindungi tubuh dari kanker, penyakit jantung dan stroke.

Roti gandum hitam
Roti gandum hitam adalah salah satu makanan yang memiliki kandungan serat yang paling tinggi, tiga kali lipat dibanding dengan roti gandum biasa. Selain itu, makanan ini juga mengembang di perut sehingga Anda akan merasa kenyang. Jangan lupa, gandum hitam juga bisa membantu Anda mengatur gula darah dan menjaga kesehatan usus.

Konsumsi umbi-umbian
Tidak hanya memiliki kandungan serat yang tinggi, umbi-umbian juga kaya akan magnesium dan potasium.

Gunakan minyak yang kandungan lemak jenuhnya rendah
Kebanyakan, masyarakat Skandinavia menggunakan minyak canola dalam mengolah makanan. Minyak canola baik untuk kesehatan karena kandunga lemak jenuhnya rendah. (News)

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Mensesneg Nyatakan Kesiagaan Penuh Pascagempa Bumi NTT

Mensesneg Nyatakan Kesiagaan Penuh Pascagempa Bumi NTT

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:14 WIB

Basarnas Evakuasi 3 Korban Reruntuhan Bangunan Akibat Gempa Bumi NTT di Maumere

Basarnas Evakuasi 3 Korban Reruntuhan Bangunan Akibat Gempa Bumi NTT di Maumere

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:02 WIB

Dosen UBBG dan Sanggar Aceh Art Dance Community Perkuat Pelestarian Tari Tradisi Aceh

Dosen UBBG dan Sanggar Aceh Art Dance Community Perkuat Pelestarian Tari Tradisi Aceh

Lifestyle | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 07:10 WIB

HUT ke-81 RI dan Merdeka dari FOMO: Saatnya Berhenti Mengikuti Semua Tren!

HUT ke-81 RI dan Merdeka dari FOMO: Saatnya Berhenti Mengikuti Semua Tren!

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:56 WIB

Muhammad Kiandra Ramadhipa Berbagi Inspirasi di Purwokerto Jelang AHDC 2026

Muhammad Kiandra Ramadhipa Berbagi Inspirasi di Purwokerto Jelang AHDC 2026

Otomotif | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:54 WIB

Peringatan Dini Tsunami Gempa Bumi NTT M 7,7 Dicabut

Peringatan Dini Tsunami Gempa Bumi NTT M 7,7 Dicabut

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:53 WIB

Legislator PDIP Tantang Calon Hakim Agung Bereskan Kasus Terbengkalai dan Pangkas Birokrasi MA

Legislator PDIP Tantang Calon Hakim Agung Bereskan Kasus Terbengkalai dan Pangkas Birokrasi MA

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:49 WIB

2 Orang Meninggal usai Gempa Bumi NTT di Pelabuhan El Say Sikka

2 Orang Meninggal usai Gempa Bumi NTT di Pelabuhan El Say Sikka

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:46 WIB

Dinding Gudang Bulog Jebol Akibat Gempa M 7,7 Nagekeo NTT, Stok Beras di Bima Berhamburan

Dinding Gudang Bulog Jebol Akibat Gempa M 7,7 Nagekeo NTT, Stok Beras di Bima Berhamburan

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:40 WIB

Vino G Bastian Ubah Total Bentuk Tubuhnya Demi Film Adaptasi India Drishyam

Vino G Bastian Ubah Total Bentuk Tubuhnya Demi Film Adaptasi India Drishyam

Entertainment | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:38 WIB

Terkini

Mensesneg Nyatakan Kesiagaan Penuh Pascagempa Bumi NTT

Mensesneg Nyatakan Kesiagaan Penuh Pascagempa Bumi NTT

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:14 WIB

Basarnas Evakuasi 3 Korban Reruntuhan Bangunan Akibat Gempa Bumi NTT di Maumere

Basarnas Evakuasi 3 Korban Reruntuhan Bangunan Akibat Gempa Bumi NTT di Maumere

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:02 WIB

Bukannya Jarah Isi Rumah, Pria di Bandar Lampung Ini Malah Angkut Pagar Milik Warga

Bukannya Jarah Isi Rumah, Pria di Bandar Lampung Ini Malah Angkut Pagar Milik Warga

Lampung | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:02 WIB

Chiikawa The Movie Sukses Raup 6 Miliar Yen, Tayang di Indonesia 28 Agustus

Chiikawa The Movie Sukses Raup 6 Miliar Yen, Tayang di Indonesia 28 Agustus

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:00 WIB

HUT ke-81 RI dan Merdeka dari FOMO: Saatnya Berhenti Mengikuti Semua Tren!

HUT ke-81 RI dan Merdeka dari FOMO: Saatnya Berhenti Mengikuti Semua Tren!

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:56 WIB

Muhammad Kiandra Ramadhipa Berbagi Inspirasi di Purwokerto Jelang AHDC 2026

Muhammad Kiandra Ramadhipa Berbagi Inspirasi di Purwokerto Jelang AHDC 2026

Otomotif | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:54 WIB

Peringatan Dini Tsunami Gempa Bumi NTT M 7,7 Dicabut

Peringatan Dini Tsunami Gempa Bumi NTT M 7,7 Dicabut

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:53 WIB

Legislator PDIP Tantang Calon Hakim Agung Bereskan Kasus Terbengkalai dan Pangkas Birokrasi MA

Legislator PDIP Tantang Calon Hakim Agung Bereskan Kasus Terbengkalai dan Pangkas Birokrasi MA

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:49 WIB

2 Orang Meninggal usai Gempa Bumi NTT di Pelabuhan El Say Sikka

2 Orang Meninggal usai Gempa Bumi NTT di Pelabuhan El Say Sikka

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:46 WIB

Dinding Gudang Bulog Jebol Akibat Gempa M 7,7 Nagekeo NTT, Stok Beras di Bima Berhamburan

Dinding Gudang Bulog Jebol Akibat Gempa M 7,7 Nagekeo NTT, Stok Beras di Bima Berhamburan

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 08:40 WIB

×