Alexa

Makanan Penurun Kolesterol Paling Ampuh dan Alami Terbaik

Kusuma
Makanan Penurun Kolesterol Paling Ampuh dan Alami Terbaik
Buah dan sayur penurun kolesterol tinggi alami dan ampuh [pixabay]

Mengetahui berbagai manfaat sayuran dan buah-buahan sebagai makanan penurun kolesterol tinggi paling ampuh dan alami. Bayam, buncis, anggur dan tomat bisa menjadi resep penurun kolesterol bagi anda, dinikmati sebagai jus atau dimakan lansungpun enak.

Suara.com - Kolesterol adalah salah satu penyakit yang sekarang ini banyak diderita oleh masyarakat Indonesia dikarenakan banyaknya masyarakat Indonesia yang tidak menjaga pola makan dan pola hidupnya. Jika kolesterol dibiarkan maka akan menjadi penyebab timbulnya penyakit lain.

Ada banyak cara yang sebenarnya bisa dilakukan untuk dapat menjaga kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh dan tidak menganggu kesehatan kita. Mungkin kebanyakan masyarakat Indonesia, beranggapan bahwa penyakit kolesterol akan lebih banyak diderita oleh orang yang sudah tua dan kebanyakan hanya dialami yang berjenis kelamin pria. Tetapi hal ini sebenarnya salah, karena hampir setiap orang dari berbagai umur bisa terkena koletserol.

Sekarang ini juga banyak wanita yang masih muda terkena kolesterol. Mereka biasanya merasakan pegal yang teramat sangat pada beberapa bagian tubuhnya dan kemudian tidak menyadari bahwa mereka terkena kolesterol. Tetapi setelah diperiksa dan dicek lebih mendalam, kadar kolesterol yang ada didalam tubuhnya sangat tinggi. Hal ini akan sangat berbahaya jika terus dibiarkan.

Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan penurun kolesterol. Anda bisa menemukan dengan mudah berbagai artikel yang membahas mengenai hal tersebut. Anda bisa menjadikannya sebagai referensi. Ketika Anda sedang mengalami hal tersebut maka sebaiknya Anda mencari tahu bagaimana cara untuk menanganinya. Usahakan menggunakan berbagai makanan yang menyehatkan terlebih dahulu dibandingkan harus mengkonsumsi obat. Jika Anda tergantung pada obat maka hal ini juga kurang baik untuk kesehatan Anda.

Mengenal Lebih Jauh Mengenai Kolesterol Tinggi dan Makanan Penurun Kolesterol

Sebelum membahas mengenai makanan penurun kolesterol, maka sebaiknya kita bahas dahulu mengenai apa itu kolesterol. Karena belum semua orang memahami apa itu kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi merupakan sebuah kondisi pada saat kadar dari kolesterol yang ada di dalam darah lebih dari batas normal yang telah ditentukan. Kolesterol adalah sebuah senyawa lemak dari berilin dimana sebagin besar dari lemak tersebut diproduksi oleh organ hati serta sebagian darinya didapat dari berbagai makanan yang dikonsumis oleh kita.

Dengan adanya kadar kolesterol yang tinggi maka bisa meningkatkan resiko untuk Anda terkena berbagai jenis penyakit lainnya yang jauh lebih serius. Penyakit yang biasanya akan mengikuti orang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi yaitu penyakit asam urat bahkan jantung. Biasanya orang yang memiliki kolesterol yang tinggi akan merasakan ada yang berbeda didalam kondisi tubuhnya. Ada juga orang yang mengabaikan rasa sakit tersebut sehingga pada saat dicek baru menyadari bahwa kadar kolesterol yang ada pada tubuhnya sangat tinggi.

Biasanya kadar kolesterol tersebut berkaitan dengan kolesterol berlebih yang terdapat pada pembuluh darah. Dengan adanya kolesterol yang tinggi biasanya akan terjadi penyumbatan di dalam pembuluh darah. Hal ini tentunya akan berakibat fatal jika tidak ditangani dengan tepat. Biasanya orang akan mencari tahu solusi apa yang harus dilakukan untuk kondisi kesehatannya tersebut. Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh orang yang memiliki tingkat kolesterol yang tinggi dalam mengatasinya.

Sebenarnya alasan terbesar penyebab kolesterol yang tinggi adalah karena pola hidup yang tidak sehat. Misalnya saja sering memakan berbagai jenis makanan yang berlemak dan tidak pernah berolahraga. Atau juga karena berbagai faktor lainnya yang juga termasuk pola hidup yang tidak sehat. Berbagai hal tersebut tentunya bisa Anda cegah dan atasi jika Anda tidak ingin terkena kolesterol tinggi. Umumnya berbagai makanan seperti daging, seafood dan berbagai makanan berlemak lainnya adalah faktor utama yang membuat kadar kolesterol yang ada didalam tubuh meningkat drastis.

 

Jika orang tidak mengetahui bahwa kadar kolesterol yang ada di dalam tubuhnya sangat tinggi, maka orang tersebut tidak akan menjaga pola hidup dan juga pola makannya, sehingga yang terjadi adalah kadar kolesterolnya bisa mengalami peningkatan yang drastis. Dan ini tentunya akan sangat buruk bagi kesehatan Anda karena bisa memicu berbagai jenis penyakit berbahaya lainnya yang bisa dengan mudah menimpa Anda. ada banyak orang yang terkena serangan jantung karena sebenarnya kadar kolesterol yang ada didalam tubuhnya sangat tinggi. Atau juga ada yang terkena asam urat dan sampai tidak bisa berjalan karena kadar kolesterol yang ada didalam tubuhnya benar-benar tinggi.

Sayuran dan Buah sebagai Makanan Penurun Kolesterol

Jika Anda adalah salah satu orang yang sedang mengalami masalah kadar kolesterol tinggi, maka sebaiknya Anda menyimak mengenai makanan penurun kolesterol apa saja yang bisa Anda konsumsi untuk bisa mencegah penyakit berbahaya lainnya terkena pada Anda. berikut adalah makanan penurun kolesterol yang sebaiknya Anda ketahui :

• Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran yang didalamnya memiliki kandungan zat lutein dan dipercaya sangat baik bagi kesehatan mata. Selain itu juga bayam memiliki fungsi yaitu sebagai pelindung untuk kesehatan jantung serta bisa melindungi jantung agar terhindar dari adanya lemak yang ada di pembuluh darah. Sayuran ini adalah sayuran yang bisa menurunkan kadar kolesterol yang tinggi di dalam tubuh Anda. Untuk bisa mengkonsumsinya maka Anda bisa memakan bayam secara rutin serta juga bisa dijadikan sayuran favorit yang bisa menurunkan kolesterol yang ada didalam tubuh. 

• Buncis

Sayuran selanjutnya yang bisa dikonsumsi sebagai makanan penurun kolesterol adalah buncis. Sayuran tersebut adalah sayuran yang punya kadar lemak rendah atau juga mengandung lemak jenuh ganda. Selain itu sayuran tersebut juga adalah makanan sebagai sumber dari karbohidrat, hal ini dibutuhkan bagi para penderita yang memiliki penyakit diabetes atau juga resistensi insulin. Dengan mengonsumsi jus buncis sebanyak satu gelas dalam sehari maka bisa membantu mengendalikan kadar kolesterol jahat yang ada didalam tubuh.

• Kedelai

Kedelai juga baik dikonsumsi untuk menurunkan kolesterol. Kedelai sendiri merupakan sebuah makanan yang sering terkandung pada tahu, susu kedelai atau tempe yang bisa dijadikan sebagai salah satu dari makanan penurun kolesterol dan memang sudah terbukti ampuh. Hal ini dikarenakan kedelai mengandung adanya osiflavin dimana fungsinya sendiri adalah untuk bisa menurunkan kadar kolesterol yang tinggi didalam tubuh.

• Beras merah

Selanjutnya pilihan lainnya untuk dikonsumsi adalah beras merah. Beras merah sendiri memiliki kandungan berupa selium, magnesium, vitamin B, serta fitonutrien. Beras merah bisa dikonsumsi dalam menurunkan lemak yang ada didalam darah. Kandungan dari seratnya yang tinggi pada beras merah akan bisa membantu dalam menurunkan kadar gula darah.

• Gandum

Makanan penurun kolesterol lainnya yang bisa dikonsumsi adalah gandum. Gandum sendiri adalah sebuah sereal yang memiliki nilai gizi yang baik untuk bisa menurunkan kolesterol trigilserida dalam darah serta bisa mengatur kadar gula yang ada didalam darah. kadar dari kolesterol yang ada didalam darah dapat diturunkan dengan mengkonsumsi gandum. Anda bisa mengonsumsi gandum secara rutin kemudian bisa menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Anda dapat memilih roti yang komposisi utamanya adalah gandum.

• Biji bunga matahari

Selanjutnya dalam menurunkan kolesterol Anda bisa mengkonsumsi biji dari bunga matahari atau sering juga disebut dengan kuaci. Kuaci sendiri sangat baik untuk dikonsumsi karena mengandung adanya sterol yang bisa menurunkan kadar kolesterol yang tinggi didalam tubuh.

Selain berbagai jenis sayuran yang termasuk ke dalam makanan penurun kolesterol, ada juga berbagai jenis buah-buahan yang bisa Anda konsumsi untuk bisa menurunkan kadar kolesterol yang tinggi pada tubuh. Berbagai buah yang memiliki kandungan vitamin c serta beta karoten akan sangat diperlukan bagi Anda yang hendak melakukan diet kolesterol. Berikut adalah berbagai jenis buah-buahan yang bisa Anda konsumsi untuk bisa menurunkan kadar kolesterol yang tinggi didalam tubuh :

• Alpukat

Buah pertama yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol adalah alpukat. Alpukat sendiri adalah sumber dari lemak tidak jenuh tunggal. Jenis lemak tersebut dapat membantu meningkatkan kadar dari kolesterol atau HDL serta menurunkan adanya kadar kolesterol jahat atau LDL. Buah tersebut juga mengandung beta sterol yang merupakan jenis dari nabati untuk bisa menurunkan kadar kolesterol yang diserap tubuh yang bersumber dari makanan lainnya. Alpukat sendiri dapat Anda konsumsi dalam bentuk jus karena mengandung banyak sekali lemak baik seperti misalnya asam linilat, lemak tidak jenuh, dan juga serat dari buah dimana bisa meningkatkan adanya kolesterol yang baik.

• Anggur

Buah yang baik untuk dikonsumsi berikutnya dalam menurunkan kadar kolesterol adalah anggur. Buah ini bisa mencegah adanya penggumpalan darah serta bisa menangkal adanya kerusakan yang diakibatkan karena adanya radikal bebas yang masuk. Anggur sendiri mengandung serat yang banyak serta mempunyai zat catechin dimana bisa menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

• Tomat

Buah yang bisa dijadikan sebagai makanan penurun kolesterol selanjutnya adalah tomat. Tomat sendiri baik untuk dikonsumsi karena merupakan sumber dari likopen dimana bisa mengurangi kadar dari kolesterol yang jahat atau LDL. Anda bisa memakan tomat dalam keadaan yang segar atau juga bisa dijadikan sebagai jus. Tomat bisa dikonsumsi juga oleh mereka yang terkena maag kronis dan tentunya akan bisa membantu agar lebih baik.

• Mangga

Bagi Anda yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi maka bisa mengkonsumsi buah mangga. Buah ini mengandung serat prebiotik yang banyak sehingga dapat membantu untuk menurunkan kadar dari kolesterol yang jahat di dalam darah. Selain adanya serat, terdapat pula pectin serta vitamin C dimana dapat mengikis dari kolesterol LDL. Vitamin c tersebut dapat mencegah kolesterol yang jahat untuk teroksiasi, dimana penumpukan plak didalam pembuluh darah dapat dihindari.

• Jambu merah

Kemudian Anda dapat mengkonsumsi jambu merah untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Hal ini dikarenakan jambu merah sendiri mengandung vitamin yang banyak serta berbagai senyawa baik misalnya seperti vitamin C dan E, flavonoid, karotenoid serta selenium. Antioksidan flavonoid juga dikenal bisa menurunkan kadar dari kolesterol jahat dengan baik. Anda bisa mengkonsumsi jus jambu merah kurang lebih selama dua bulan dimana dosis serta takarannya dibuat rutin dan teratur maka bisa menurunkan adanya kadar kolesterol sampai dengan 52,54% bahkan hingga 82.23%. hal ini sudah terbukti dengan berbagai penelitian yang dilakukan. Khasiat dari jambu merah sendiri tidak kalah dengan 3,6 mg dari simvastatin untuk per kilo berat tubuh.

• Jeruk nipis

Langkah baik lainnya yaitu mengkonsumsi jeruk nipis untuk bisa menurunkan kadar kolesterol. Jeruk nipis memiliki senyawa flavonoid dimana memiliki khasiat untuk bisa menghambat adanya produksi dari kolesterol yang jahat. Hal ini tentunya secara otomatis dapat mengurangi dari resiko untuk terkena serangan jantung. Flavonoid dapat pula ditemukan di teh, bawang bombay, delima, bawang putih, bawang merah, brokoli serta tomat.

Disamping sayuran dan buah-buahan, anda juga bisa merasakan manfaat semut jepang dengan mengonsumsinya yang juga merupakan salah satu makanan penurun kolesterol lainnya. Untuk penggunaan semut jepang, ini adalah metode alternatif alami yang khasiatnya benar-benar ampuh.

Jadi, dengan mengetahui berbagai manfaat sayuran dan buah-buahan diatas maka Anda bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada didalam tubuh, sehingga Anda bisa terhindar dari berbagai penyakit berbahaya lainnya yang biasanya menjadi kelanjutan bagi penderita kadar kolesterol yang tinggi. Untuk Anda yang berusia diatas lima puluh tahun maka sangat disarankan sudah harus menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Karena jika tidak menjaga berbagai makanan yang masuk ke dalam tubuh, maka kadar kolesterol bisa naik dengan cepat. Sekarang Anda benar-benar sudah harus memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Sebaiknya menghindari berbagai makanan berlemak seperti daging kambing, jeroan, berbagai jenis seafood, keju, makanan yang bersantan, kuning telur, telur burung puyuh dan berbagai makanan berlemak lainnya. Karena berbagai makanan yang berlemak tersebut dapat meningkatkan kadar kolesterol dengan cepat. Anda juga harus melakukan pemeriksaan yang berkala agar mengetahui kadar kolesterol yang ada didalam tubuh apakah sudah sesuai standar, lebih tinggi atau lebih rendah. Jika hasilnya menyatakan tinggi, maka Anda harus menjaga asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Usahakan makan makanan yang direbus karena akan lebih baik untuk tubuh. Hindari makanan yang digoreng karena akan mengandung lemak jenuh yang menganggu kesehatan tubuh dan tentunya akan meningkatkan kadar kolesterol yang ada didalam tubuh.

Jika Anda tidak memperhatikan berbagai hal tersebut maka Anda bisa terkena penyakit yang jauh lebih parah. Berbagai penyakit yang bisa menimpa Anda jika tidak menangani sedari awal kadar kolesterol tinggi adalah darah tinggi, stroke, penyakit jantung, batu empedu, diabetes melitus dengan tipe dua, berbagai gangguan dari sistem pencernaan, serta disfungsi ereksi. Bagi Anda yang menderita kolesterol dengan kadar yang tinggi maka Anda harus memperhatikan jenis makanan yang akan anda konsumsi, Anda harus menghindari berbagai makanan yang bisa meningkatkan kadar kolesterol. Usahakan mengkonsumsi makanan penurun kolesterol dengan rutin dan dikombinasikan dengan benar agar Anda tidak merasa bosan dan berusaha untuk selalu hidup sehat.

Usahakan untuk berolahraga secara rutin agar tubuh selalu dalam kondisi yang bugar. Selain itu Anda juga bsia mengkonsumsi banyak air putih yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Anda bisa memilih menu yang baik dan Anda sukai. Usahakan selalu memilah makanan yang akan masuk ke dalam tubuh sehingga Anda bisa lebih mudah untuk mengontrol kesehatan Anda. Usahakan mengkombinasikan berbagai makanan diatas dengan benar dan tepat agar bisa tetap dinikmati saat dimakan. Mulailah hidup sehat dari dini sehingga Anda tidak merasa menyesal di hari tua. Karena banyak orang yang sudah berumur tua yang menyesal karena tidak memiliki pola hidup yang sehat. Banyak diantara mereka yang sering mengkonsumsi makanan yang berlemak terlalu sering sehingga kadar dari kolesterolnya tinggi dan ini berakibat pada hari tuanya, mereka memiliki berbagai penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, stroke dan berbagai penyakit berbahaya lainnya. jika dimulai sejak muda maka Anda tidak akan menyesal dan memiliki tubuh yang sehat dan umur panjang dikemudian hari.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

Wah, nggak nyangka! Ternyata menantu Jokowi ini keturunan raja lho #DidYouKnow
.
.
.
.
#kahiyangbobby #jokowidodo #jokowi #tapanuli #batak #nasution #suku #indonesia #fakta #wowfakta #faktaunik #dagelan #infiafact #wedding #solo #jawatengah #suaradotcom

INFOGRAFIS