Teh Hijau Bisa Menghilangkan Jerawat? Ini Faktanya!

Ririn Indriani
Teh Hijau Bisa Menghilangkan Jerawat? Ini Faktanya!
Ilustrasi teh hijau. (Sumber: Shutterstock)

Teh hijau sering dijadikan sebagai obat jerawat alami, tapi seberapa efektifkah?

Suara.com - Kandungan antioksidan yang tinggi seperti katekin, polifenol, dan senyawa alami lainnya yang terkandung dalam teh hijau membuatnya memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk kulit, utamanya membantu menghilangkan jerawat.

Ya, teh hijau sering digunakan sebagai obat jerawat alami, tapi yang menjadi pertanyaan seberapa efektif teh hijau untuk jerawat? Simak ulasan lengkapnya yang dihimpun Hello Sehat.

Pada dasarnya, semua jenis teh – teh hijau, teh hitam, teh oolong, berasal dari tanaman yang sama, yaitu Camellia sinensis. Namun yang membedakan satu teh dengan jenis lainnya adalah bagaimana cara pengolahannya.

Inilah yang membuat setiap jenis teh memiliki warna dan cita rasa khas yang berbeda-beda.

Teh hijau diolah dengan cara dikukus dan dikeringkan dalam proses yang sangat cepat untuk menghindari berubahnya warna daun menjadi lebih cokelat. Di antara ketiga jenis teh, teh hijau dikatakan sebagai teh yang memiliki potensi kesehatan paling baik karena memiliki kandungan antioksidan polifenol yang paling tinggi.

Dalam pengobatan tradisional Cina dan India, teh hijau digunakan sebagai stimulan, obat diuretik, hingga untuk membantu mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, teh hijau juga sering digunakan sebagai obat alami perut kembung, mengontrol kadar gula darah, membantu melancarkan pencernaan, hingga meningkatkan kemampuan kognitif.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS