Wah, Daun Jambu Biji Bisa Mengobati Diabetes

Vania Rossa | Dinda Rachmawati
Wah, Daun Jambu Biji Bisa Mengobati Diabetes
Daun jambu biji. (Shutterstock)

Daun jambu biji dapat mengobati diabetes dengan mengurangi kadar gula darah.

Suara.com - Sudah banyak penelitian yang menemukan bahwa sejumlah tanaman dan herbal tertentu dapat menjadi obat ataupun penangkal penyakit. Salah satunya adalah daun jambu biji. Selain punya kemampuan untuk mengobati diare, daun jambu biji juga dapat membantu penurunan berat badan, mengurangi peradangan gusi, menurunkan kolesterol, mencegah beberapa jenis kanker seperti kanker lambung dan kanker prostat, serta yang terbaru adalah mengobati diabetes dan membantu mengelola gejalanya.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition & Metabolism ini menunjukkan bahwa daun jambu biji dapat mengobati diabetes dengan mengurangi kadar gula darah. Studi lebih lanjut menjelaskan bahwa daun jambu biji dapat mengurangi kerja enzim yang dikenal sebagai Alpha-glukosidase, yang bertanggung jawab mengubah makanan menjadi glukosa dalam darah, sehingga mengurangi kadar gula darah.

Lalu, bagaimana cara kerjanya? Sebanyak 4-5 lembar daun jambu biji segar yang sudah dicuci hingga bersih, dimasak bersama air hingga mendidih. Setelah air mendidih selama 5 menit, tuang air ke dalam gelas dan siap diminum. Air rebusan daun jambu biji ini bisa dikonsumsi bersamaan dengan makanan yang kita makan, sehingga dapat membantu mengurangi kadar gula darah yang biasanya meningkat setelah kita mengonsumsi makanan. Atau, Anda juga dapat mengunyah daun jambu biji yang sudah dibersihkan secara langsung.

Daun jambu biji bahkan disebut sebagai obat diabetes alami dan nol efek samping. Namun, pastikan Anda berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk mencoba pengobatan alternatif ini. Terutama jika Anda sedang hamil.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS