Cara Sederhana Hindari Insomnia

Yazir Farouk | Risna Halidi
Cara Sederhana Hindari Insomnia
Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)

Masalah insomnia cukup menganggu.

Suara.com - Memiliki segudang aktivitas dapat membuat Anda merasa mudah lelah . Apalagi bila Anda juga mengidap insomnia atau kesulitan tidur .

Banyak orang mengalami masalah sulit tidur di malam hari yang diperparah dengan kebiasaan seperti mengonsumsi minuman soda atau kafein.

Segala cara dilakukan untuk bisa tidur, seperti menghitung domba atau memandangi langit-langit yang lebih lama.

Tapi sebenarnya ada cara yang lebih sederhana, yaitu mulailah mengatur waktu.

Coba bangun pagi lebih awal. Lalu mulai perhatikan jam tidur dan pastikan Anda beristirahat selama tujuh sampai sembilan jam.

Di siang hari, Anda disarankan meluangkan waktu untuk berolahraga. Berolahraga di siang hari dengan latihan aerobik intensitas sedang seperti jalan cepat, mengendarai sepeda, atau bermain tenis terbukti membantu penderita insomnia tertidur lebih cepat.

Tapi jangan lupa, perhatikan juga jam latihan. Bagi sebagian orang, berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur dapat membuat tidur lebih sulit.

Memasuki waktu sore, coba hindari mengonsumsi kafein. Senyawa dalam kafein dapat mempersulit proses alami tubuh yang membantu tidur dan mengelabui Anda tetap terjaga.

Jika sudah merasa mengantuk di sore hari, coba ganti dengan jalan-jalan pendek.

Ketika memasuki waktu malam, pastikan untuk selalu jauhi ponsel dari genggaman.

Perangkat teknologi seperti ponsel, laptop, dan tablet terbukti memancarkan cahaya biru yang dapat mengganggu ritme sirkadian tubuh.

Jika memainkan gadget terlalu dekat dengan waktu tidur, cahaya biru akan bertindak seperti sinar matahari, mengirim kode untuk tetap terjaga. [sleep.org]

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS