Manfaat Ikutkan Anak pada Lomba 17 Agustus-an

Dythia Novianty | Firsta Nodia
Manfaat Ikutkan Anak pada Lomba 17 Agustus-an
Lomba makan kerupuk merupakan salah satu jenis perlombaan yang digelar saat perayaan HUT RI. (Shutterstock)

Setiap tanggal 17 Agustus juga diramaikan dengan sederet lomba baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Suara.com - Setiap tanggal 17 Agustus, warga Indonesia di seluruh penjuru dunia memperingati hari Kemerdekaan. Selain dihiasi dengan upacara bendera, tanggal 17 Agustus juga diramaikan dengan sederet lomba baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Lomba-lomba yang kerap diadakan setiap 17 Agustus antara lain balap karung, makan kerupuk, hingga panjat pinang. Bagi Anda yang sudah memiliki buah hati, jangan larang mereka ikut lomba 17-an ini ya.

Pasalnya, menurut psikolog anak dan remaja Vera Itabiliana, mengikutsertakan anak pada lomba bisa menjadi momen spesial dalam memahami bahwa peringatan Hari Kemerdekaan RI adalah sesuatu yang menyenangkan.

"Melalui perlombaan, rasa cinta Tanah air anak bisa ditumbuhkan, di tengah gempuran budaya Barat yang tak terbendung di era kekinian seperti sekarang. Tapi intinya, lomba kan bersenang-senang. Jadi, ketika anak senang dia bisa lebih menghayati makna kemerdekaan itu sendiri," ujar Vera beberapa waktu lalu.

Tak kalah penting, mengikutsertakan anak pada perlombaan juga dapat menjadi cara untuk mengenalkan konsep menang dan kalah. Dari lomba anak bisa belajar bagaimana memperjuangkan sesuatu agar menang namun tetap bisa menerima dengan lapang dada jika mengalami kekalahan.

"Orangtua perlu siapkan bahwa dalam lomba itu ada menang ada kalah. Tapi biasanya kan mau menang atau kalah ada hadiahnya juga ya kalau 17 Agustusan. Tapi apapun itu lomba akan menyenangkan buat anak," tambah dia.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS