7 Makanan Paling Enak dan Sehat yang Terkenal di Seluruh Dunia

Arsito Hidayatullah
7 Makanan Paling Enak dan Sehat yang Terkenal di Seluruh Dunia
Ilustrasi sushi. (Shutterstock)

Banyak negara di dunia berlomba menciptakan resep makanan sehat dengan harga yang murah.

Suara.com - Negara Amerika disebut-sebut sebagai negara yang penduduknya banyak mengalami obesitas. Padahal, tingkat obesitas di Meksiko jauh lebih tinggi daripada di Amerika.

Untuk mengatasi obesitas, beberapa negara di dunia berlomba-lomba untuk menciptakan resep makanan sehat dengan harga yang murah. Tujuannya agar makanan ini bisa dikonsumsi oleh masyarakat demi menanggulangi obesitas.

Beberapa olahan makanan sehat yang ada memiliki bentuk unik dan rasa lezat. Seperti apa bentuk makanan tersebut? Langsung saja simak ulasan berikut ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Sushi – Jepang

Sushi merupakan hidangan makanan yang paling sehat karena terbuat dari ikan dan bahan segar lainnya. Sushi yang dimasak setengah matang atau dibumbui, memiliki kandungan gizi dan tinggi vitamin, sedangkan kandungan lemaknya sangat rendah.

Maka, tidak heran kalau tingkat obesitas di Jepang itu kurang dari 5 persen. Soalnya makanan yang dikonsumsi masyarakat Jepang pun sangat sehat. Sushi kini sudah bisa ditemui di hampir seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia. Harganya juga sangat terjangkau.

2. Biryani – India

Sama seperti Jepang, tingkat obesitas di India juga kurang dari 5 persen, karena makanan yang dikonsumsi oleh masyarakatnya sangat sehat. Sebut saja Biryani. Menu makan siang yang satu ini berbahan dasar beras khas India, dengan tingkat karbohidrat yang lebih rendah dibandingkan beras putih.

Biryani diolah dengan cara digoreng menggunakan rempah-rempah yang sangat banyak, ditambah wortel, jagung, dan suwiran ayam di atasnya. Aroma dan rasa khas rempah sangat melekat di menu yang satu ini.

3. Injera – Ethiopia

Injera adalah flatbread yang sangat terkenal di Ethiopia, karena tinggi serat namun rendah lemak. Berbeda dengan roti pada umumnya, roti Injera dihidangkan dengan sayur-sayuran, telur, daging, bawang, dan kacang-kacangan yang ditaruh secara terpisah di setiap sisi roti.

Kulit roti yang digunakan sebagai alas untuk menaruh sayur-sayuran dan lainnya tidak digulung, melainkan dibiarkan melebar begitu saja. Injera sangat baik kalau dimakan sendirian, mengingat porsinya yang sedikit.

4. Almuerzo – Meksiko

Almuerzo adalah makanan tradisional khas Meksiko yang biasa disantap di siang hari. Makanan ini sangat sehat karena berisi kacang-kacangan dan sayur-mayur. Satu porsi Almuerzo mengandung serat, vitamin, dan protein yang sangat tinggi.

Oleh karenanya, makanan ini sangat cocok dikonsumsi oleh Anda yang sedang menjalani program diet sehat. Apalagi karena makanan ini hanya mengandung sedikit lemak saja, sehingga makin tepat sebagai menu pilihan untuk diet.

5. Rye Bread – Swedia

Salah satu roti asal Swedia bernama Rye Bread sudah sangat terkenal di seluruh wilayah Skandinavia. Makanan ini memang tidak menggunakan olahan sayur atau kacang-kacangan, tapi potongan ikan bakar yang ditaruh di bagian isi roti, membuat makanan ini begitu lezat.

Rye Bread termasuk makanan yang sangat mengenyangkan dalam waktu yang lumayan lama. Selain itu, juga mengandung serat yang tinggi, bagus untuk pencernaan. Bagi Anda yang mengidap penyakit hipertensi atau darah tinggi, disarankan untuk mengonsumsi Rye Bread tanpa campuran garam. Jenis ikan bakar yang dipilih sebaiknya juga bukan ikan salmon, tapi jenis ikan lain seperti tuna.

6. Spanakopita – Yunani

Yunani terkenal dengan aneka makanan yang sangat lezat, sebut saja misalnya Souvlaki atau Moussaka yang sudah sangat populer di dunia. Namun, ada satu makanan sehat yang harus dicoba yaitu Spanakopita.

Makanan tradisional ini mirip roti isi, tapi isinya bukan selai, melainkan bayam, daging merah, ikan, gandum, buah-buahan, dan sayuran lain yang digabung menjadi satu. Cita rasa Spanakopita sangat lezat dan mengenyangkan. Akan tetapi, konsumsi Spanakopita yang terlalu banyak tidak disarankan karena tingkat kalorinya yang tinggi.

7. Quinoa Salad – Amerika Serikat

Quinoa sendiri adalah padi-padian khas negeri Paman Sam yang bisa diolah untuk menggantikan nasi. Akan tetapi, masyarakat Amerika lebih suka mencampurkan quinoa pada olahan salad karena cita rasanya jauh lebih nikmat, dan mengandung gizi yang tinggi.

Meskipun quinoa hampir mirip dengan nasi, tapi tingkat karbohidrat quinoa lebih rendah daripada nasi putih. Sehingga makanan ini sangat cocok dikonsumsi jika sedang menjalankan program diet sehat.

Nikmati Makanan Enak Bergizi Tinggi

Makanan enak tidak selalu identik dengan karbohidrat dan lemak yang tinggi. Buktinya, makanan di atas malah rendah lemak dan karbohidrat, tapi mengandung serat, kalsium, protein, dan vitamin tinggi yang sangat baik untuk kesehatan. Makanya, kalau Anda ingin mengkonsumsi makanan sehat, silakan coba salah satu makanan di atas ya!

Baca juga artikel Cermati lainnya:

5 Trik Cerdas Atur Penghasilan agar Gaji Bulanan Gak Numpang Lewat Doang

Simak Kata-kata Inspirasi Sukses dari Steve Jobs

Ingin Tinggal di Amerika? Ini Tips Finansial untuk Bertahan Hidup di Sana

Published by

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS