facebook

Kerja Tidak Produktif? Kenali Gejala Anemia pada Orang Dewasa

Silfa Humairah Utami | Vessy Dwirika Frizona
Kerja Tidak Produktif? Kenali Gejala Anemia pada Orang Dewasa
Penuhi kebutuhan zat besi untuk hindari anemia. (Shutterstock)

Bagaimana ciri-ciri seseorang mengalami anemia atau kekurangan darah karena kurang zat besi?

Suara.com - Penyebab seseorang mengalami anemia atau kekurangan darah adalah karena kurangnya zat besi.

Tanpa disadari anemia dapat menurunkan produktivitas kerja. Menurut data statistik riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) 2013, proporsi penduduk dengan keadaan anemia mencapai 21,7 persen secara nasional. Sekitar 6,5 jam per-minggu anemia turut berperan dalam penurunan produktivitas.

Dampak tersebut bila dibiarkan sungguh membahayakan. Untuk mencegah anemia, maka perlu disadari gejala-gejala yang tampak bila seseorang menderita anemia. Dokter Swasty, praktisi medis dari PT Merck Tbk, memaparkan beberapa gejala spesifik anemia pada orang dewasa.

“Gejala dapat dirasakan dari kepala hingga bagian pencernaan. Saat sedang kambuh, kepala penderita akan merasakan kepala pusing dan kunang-kunang. Jika ini sering terjadi sebaiknya lakukan pemeriksaan lebih lanjut. Kemudian mata, akan terjadi perubahan warna mata, bagian putih akan terlihat kekuningan, jadi bila terjadi waspadai itu salah satu tanda gejala anemia,” kata dokter Swasty saat ditemui Suara.com belum lama ini di Serang, Banten.

Baca Juga: Prabowo: Masa Indonesia Tak Mampu Berternak Sapi dan Kambing

Kemudian, sambungnya, gejala lain dapat terlihat dari kulit. Warna kulit akan tampak pucat, suhunya selalu dingin, dan kekuningan. Lalu, tekanan darah menurun menjadi lebih rendah atau sangat rendah, yang mana angka normalnya sekitar 120/80 mmHg. Secara pernapasan, napas menjadi lebih pendek.

“Pada penderita anemia kasus berat, sudah sampai menyerang jantung. Jantung jadi berdebar-debar, denyut jantung meningkat, nyeri dada, hingga serangan jantung,” jelasnya.

Dokter Swasty menjelaskan, otot-otot di tubuh juga bisa menjadi pendeteksi apakah seseorang menderita anemia atau tidak. Bila menderita anemia otot-otot menjadi terasa letih dan lemah. Selanjunya gejala dikenali di bagian dalam organ tubuh seperti limpa, yang mana terjadi pembesaran limpa.

Terakhir, mengenali lewat pencernaan. Bila beberapa gejala di atas sudah tampak, maka perhatikan warna tinja. Jika terjadi perubahan warna dari biasa, maka dapat dipastikan seseorang menderita anemia, katanya.

Jadi penuhi kebutuhan zat besi atau kekurangan darah untuk menghindari anemia atau kekurangan darah. 

Baca Juga: PSI Ungkap Ciri Politisi Sontoloyo yang Dipopulerkan Jokowi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS