Lima Tanda Ketidakseimbangan Hormon pada Perempuan, Jangan Abaikan!

Silfa Humairah Utami | Dinda Rachmawati
Lima Tanda Ketidakseimbangan Hormon pada Perempuan, Jangan Abaikan!
Ilustrasi mengantuk dan tidur hampir sepanjang waktu karena ketidakseimbangan hormon. (Shutterstock)

Apa saja tanda ketidakseimbangan hormon pada perempuan?

Suara.com - Gangguan atau ketidakseimbangan hormon pada perempuan bisa menyebabkan rasa malas atau mengantuk setiap saat.

Tak hanya itu, sebagai perempuan ternyata ada beberapa hal lain yang mungkin menjadi pertanda bahwa Anda sedang mengalami ketidakseimbangan hormon.

Jika Anda menderita lebih dari satu atau dua hal berikut, maka sebaiknya segera kunjungi dokter dilansir Fustany.

1. Jerawat

Ketika Anda melihat banyak jerawat di wajah atau jerawat mulai menyebar di bagian tubuh, Anda harus berhati-hati. Salah satu gejala utama ketidakseimbangan hormon adalah jerawat dengan semua jenisnya. Itu sebabnya tanda ini tidak boleh diabaikan sama sekali.

2. Rambut rontok

Setiap harinya, kita memang kehilangan rambut dan ini adalah hal yang normal. Namun, yang harus diperhatikan jika rambut mulai kehilangan volume dan ketebalannya sehingga beberapa titik terlihat botak. Jika ini terjadi, itu adalah tanda bahwa mungkin ada ketidakseimbangan hormon yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan rambut.

3. Siklus menstruasi tidak teratur

Banyak perempuan mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur, tetapi kebanyakan biasanya menganggap sebagai respons dari tubuh terhadap tekanan dan stres sehari-hari. Anggapan itu memang benar, tapi jika siklus menstruasi terlambat selama lebih dari sebulan, Anda harus segera konsultasi dengan seorang spesialis, karena mungkin alasannya adalah ketidakseimbangan hormon.

4. Penurunan berat badan

Penurunan berat badan sering dikaitkan dengan hormon. Hormon dapat sangat mempengaruhi nafsu makan dan tingkat metabolisme Anda. Efek ini tidak hanya terbatas pada penurunan berat badan, tapi juga bisa menjadi penyebab dari kenaikan berat badan. Jika Anda mengalami penurunan atau kenaikan berat badan yang tidak normal, Anda harus mempertimbangkan untuk mengunjungi dokter.

5. Merasa malas dan tidur hampir sepanjang waktu

Jika Anda merasa malas dan tidak ingin berkegiatan, bahkan setelah dibantu dengan asupan kafein harian, maka Anda tidak boleh mengabaikan gejala ini. Karena mungkin kondisi tersebut bukan hanya kemalasan biasa, tetapi secara langsung berkaitan dengan ketidakseimbangan hormon.

Jadi jangan abaikan bila Anda mengalami beberapa gejala tersebut, karena bisa jadi merupakan tanda ketidakseimbangan hormon. 

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS