Garis Tangan Ahok dan Puput Disebut Sama, Ini Artinya Menurut Sains

M. Reza Sulaiman
Garis Tangan Ahok dan Puput Disebut Sama, Ini Artinya Menurut Sains
Ahok berkumpul dengan keluarga dan Bripka Puput. (Dok. Tim BTP)

Ahok disebut memiliki garis tangan yang sama dengan calon istrinya, Puput Nastiti Devi. Apa penjelasannya?

Suara.com - Garis Tangan Ahok dan Puput Disebut Sama, Ini Artinya Menurut Sains

Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok disebut memiliki garis tangan yang sama dengan calon istrinya, Puput Nastiti Devi. Hal ini diketahui berdasarkan penuturan Ahok saat menyambangi Ketua DPD RI, Oesman Sapta Odang.

Tayangan yang ada di kanal Youtube OSOTV Channel itu memperlihatkan alasan Ahok berniat menjadikan Puput Nastiti Devi sebagai istri.

"Biasa, orang Chinese, bilang, 'Garis tangannya harus sama.' Dia bilang gini, 'Mungkin lu akan jadi orang hebat, Hok, jadi orang kaya setelah keluar. Istrimu yang dulu itu enggak punya nasib dampingin.' Orang Chinese percaya, enggak bisa nerima itu hoki, makanya saya keras kepala ninggal. 'Makanya kamu harus cari sekarang yang bisa sama hoki dan kamu, garis tangan sama.' Maksudnya bukan garis ini sama, maksudnya itu, ya hidupnya," ujar Ahok menirukan ucapan sang teman, seperti dilansir Himedik.

Ahok sendiri sempat merasa tidak percaya dengan hal tersebut. Namun setelah melihat garis tangannya secara langsung, dan membandingkannya dengan garis tangan Puput, memang terlihat ada kesamaan.

"Kalau orang tanya, 'Kenapa pilih dia?' Alasan Djarot salah, alasan mak saya salah, coba kalu (alasan) garis tangan sama, itu berarti saya jawab enak dong. Aku tahu enggak mungkin sama. Aku enggak punya syarat ini. Ini syarat enggak masuk akal," ujarnya lagi.

Ilmu membaca telapak tangan dalam sains sendiri disebut sebagai palmistry. Tergolong dalam kategori pseudosains, garis di telapak tangan bisa digunakan untuk membaca masa depan, termasuk rezeki dan jodoh.

Namun, secara ilmiah, garis-garis pada telapak tangan, atau palmar flexion creases, memiliki fungsi asli untuk membantu kulit tangan meregang dan menekan. Garis-garis ini juga dapat membantu mengidentifikasi kondisi medis tertentu, seperti dikutip dari Live Science.

Ilustrasi membaca garis tangan. [shutterstock]
Ilustrasi membaca garis tangan. [shutterstock]

Palmar creases mulai muncul sejak manusia masih berada dalam rahim pada usia kehamilan sekitar 12 minggu, dan garis-garis itu sudah ada pada tangan bayi ketika dilahirkan.

Berdasarkan keterangan National Institutes of Health, kebanyakan orang memiliki tiga lipatan menonjol di permukaan telapak tangan, tetapi kadang-kadang hanya ada satu lipatan.

Memiliki palmar crease tunggal bisa menunjukkan perkembangan yang tak normal. Kadang-kadang hal ini muncul pada bayi dengan kondisi seperti Down syndrome atau sindrom alkohol janin. Namun, dokter selalu mempertimbangkan beberapa faktor lain sebelum membuat diagnosis.

Ketebalan dan jumlah lipatan pada telapak tangan Anda juga tergantung pada faktor-faktor seperti sejarah keluarga dan ras. (Himedik/Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana)

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS