Bokong dan Anus Sering Terasa Gatal, Catat 6 Penyebabnya Berikut Ini

M. Reza Sulaiman | Dinda Rachmawati
Bokong dan Anus Sering Terasa Gatal, Catat 6 Penyebabnya Berikut Ini
Anus sering terasa gatal, kenali penyebabnya berikut ini. (Shutterstock)

Sering merasa gatal di bokong dan anus, ini dia 6 kemungkinan penyebabnya.

Suara.com - Bokong dan Anus Sering Terasa Gatal, Catat 6 Penyebabnya Berikut Ini

Bagian bokong dan anus masuk dalam bagian sensitif yang sering terlewat untuk menjadi perhatian. Seringkali, pembersihan yang tak benar membuat beberapa masalah, salah satunya adalah rasa gatal.

Ya, rasa gatal tak hanya bisa terasa di bokong, tapi juga dapat terjadi di dalam anus atau kulit perianal (kulit di sekitar lubang anus). Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai masalah yang berbeda.

Untuk mengetahui lebih lanjut penyebab rasa gatal di bagian anus, Samantha Nazareth, M.D., dari New York menjelaskannya untuk Anda, seperti dilansir dari Women's Health Mag.

1. Salah cara membersihkan

Nazareth selalu bertanya kepada pasiennya tentang kebiasaan kebersihan mereka. Apakah Anda termasuk penyeka yang agresif? Apakah Anda menggunakan tisu basah untuk membersihkan area bokong dan anus?

"Terlalu banyak dari kita yang menyeka area tersebut dengan tisu toilet dan kemudian menggunakan tisu basah sesudahnya," kata Nazareth.

Hal ini menurutnya bisa menyebabkan iritasi, mengingat kulit di area anus sangat sensitif.

Di sisi lain, Anda mungkin tidak cukup bersih ketika menyeka sisa kotoran di area anus. Apalagi area tersebut termasuk area yang lembab sehingga menjadi salah satu alasan untuk iritasi, kata Nazareth.

"Idealnya, jika Anda di rumah, cara terbaik adalah pergi ke bak mandi atau menggunakan pancuran untuk membersihkan area tersebut dengan air. Tidak perlu sabun. Lalu keringkan area itu," jelasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS