Ingin Gigi Anak Sehat, Ibu Hamil Dianjurkan Banyak Makan Ikan Teri

M. Reza Sulaiman | Firsta Nodia
Ingin Gigi Anak Sehat, Ibu Hamil Dianjurkan Banyak Makan Ikan Teri
Makan ikan teri bagus untuk ibu hamil agar gigi anak sehat. (Shutterstock)

Ibu hamil dianjurkan banyak makan ikan teri agar gigi anak sehat.

Suara.com - Ingin Gigi Anak Sehat, Ibu Hamil Dianjurkan Banyak Makan Ikan Teri

Tahukah Anda bahwa faktor penentu kondisi kesehatan gigi anak sudah dibentuk sejak dalam kandungan? Ya, disampaikan Dr. drg. R. M. Sri Hananto Seno, Sp.BM (K)., MM selaku Ketua PB PDGI (Persatuan Dokter Gigi Indonesia), benih gigi anak sudah dibentuk sejak dalam kandungan.

Oleh karena itu ibu hamil harus memperbanyak konsumsi makanan dan minuman yang tinggi kalsium dan fluoride.

"Oleh karena itu harus disuplai penguatan gigi. Tidak perlu pakai obat dia hanya cukup dengan makan yang banyak mengandung kalsium, misalnya ikan. Saat hamil banyaklah makan ikan, terus bayam dan teh. Jadi kalau ketiganya nggak dimakan saat hamil maka anak akan mengalami kerusakan gigi saat lahir," ujar drg Seno dalam temu media di Jakarta, Rabu (20/3/2019).

Menurut drg Seno, ketika ibu hamil mengonsumsi ikan teri, bayam dan teh maka asupan flouride akan ditransfer ke tulang rahang untuk membentuk benih gigi. Jika dilakukan sejak awal kehamilan maka anak akan lahir dengan gigi yang kuat dan tidak mudah berlubang.

Ilustrasi ikan teri. (Shutterstock)
Makan ikan teri bagus untuk ibu hamil agar gigi anak sehat. (Shutterstock)

Namun jangan berhenti saat anak lahir saja, menurut drg Seno cara ini harus dilanjutkan hingga fase menyusui. Saat menyusu, akan terjadi transfer asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi ibu ke bayinya.

"Nah setelah anak lahir, makanan ini bisa dilanjutkan. Kan nggak mungkin bayi makan teri, jadi ibunya yang bisa makan sehingga air susunya akan mengandung fluoride seingga asupan anak sejak kandungan dan lahir sudah memiliki fluoride sebagai proteksi," ujar dia.

Setelah dewasa anak juga harus diberi pengertian bahwa dirinya akan bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan giginya sendiri dengan menyikat gigi dua kali sehari setelah sarapan dan sebelum tidur.

Itulah tips dari dokter gigi untuk ibu hamil yang ingin gigi anak sehat dan kuat.

Komentar

loading...
Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS